FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 02-2017

    3926

    Asal Share Berita Hoax, Jeruji Besi Siap Menanti

    Kategori Sorotan Media | tunisah

    JAKARTA - Media menjadi salah satu sarana penyebaran informasi. Oleh sebab itu, setiap pengunggah bertanggung jawab terhadap isi konten yang ditulis di platform-nya sehingga tak menyesatkan pembaca.

    Mengapa demikian? Sekarang ini dengan adanya UU ITE baru, pengguna tak bisa asal membuat bahkan menyebarkan informasi karena jika tak berhati-hati Anda bisa terseret ke ranah hukum. Hal ini mengingat, dalam revisi UU ITE pasal 27 ayat (3), terdapat penjelasan adanya unsur pidana yang mengacu pada ketentuan pencemaran nama baik dan fitnah yang diatur dalam KUHP, jeruji besi pun siap menanti.

    Oleh sebab itu, kesadaran akan penggunaan sarana informasi penting untuk dimunculkan kepada pengguna agar nantinya tak membawa dampak buruk baginya.

    Selain itu, menurut Chairman Mastel Institute, Nonot Harsono, etika pengguna media itu harus dijaga sehingga tidak menghina atau menuduh orang lain tanpa ada alasan yang tepat. Pasalnya, penyebar informasi itulah yang bakal terjerat hukum.

    Hal senada juga dilontarkan oleh Henry Subiakto, staf ahli bidang hukum Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo). Ia mengimbau pengguna media sosial untuk berhati-hati menyebarkan informasi.

    "Jangan mudah men-share karena yang bisa dijerat UU ITE itu yang menyebarkan atau mendistribusikan. Masyarakat kan suka banget share, padahal yang di-share itu tentang tuduhan, hati-hati saat men-share," katanya.

    (din)

    Sumber: http://techno.okezone.com/read/2017/02/18/207/1621902/asal-share-berita-hoax-jeruji-besi-siap-menanti

    Berita Terkait

    Peserta IoT Makers Creation Berhasil Ciptakan Inovasi & Solusi di Tengah Pandemi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengapresiasi inovasi dan solusi lokal yang dikembangkan oleh peserta Internet of Thin Selengkapnya

    Perempuan Diminta Lebih Banyak Terjun ke Dunia Teknologi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong perempuan terjun ke dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) lewat berbagai Selengkapnya

    Kaum Muda Harus Bisa Membuka Usaha Rintisan

    Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian Maritim atau IKPM Kementerian Kominfo Septriana Tangkary mengatakan anak muda masa kini harus Selengkapnya

    Harga Pita Frekuensi 5G Masih Digodok

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) masih menggodok harga lelang pita frekuensi untuk 5G. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA