FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 05-2017

    1271

    Tindak Lanjuti Program Literasi, Kominfo Akan Surati Facebook

    Kategori Sorotan Media | fadhil

    JAKARTA - Penyebaran berita hoax memang seperti tak kenal waktu dan kondisi. Meski suhu politik sedang mereda, namun ada saja kabar bohong yang menyebar secara cepat di media sosial.

    Melihat kondisi demikian, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, mengimbau agar semua pihak tak mudah terprovokasi. Ia menyarankan agar masyarakat mencari persamaan ketimbang perbedaan.

    "Ini saya minta semuanya jangan mau diprovokasi dan jangan melakukan agitasi. Saya minta semua pihak jangan memanas-manasi karena saat ini kondisinya sudah mulai kondusif," kata Rudiantara saat ditemui di Kantor Pusat PBNU, Jakarta Pusat, Senin (23/5/2017).

    Lantas bagaimana soal program literasi Facebook? Pria yang akrab disapa Chief RA tersebut mengaku belum ada respons lebih lanjut dari perusahaan media sosial tersebut. Maka dari itu, ia pun berencana akan mengirimkan surat permintaan tindak lanjut dari program literasi.

    "Saya tidak tahu. Mungkin saya juga minta Pak Dirjen untuk mengirim surat untuk koordinasi. Kita selalu bikin tabelnya, permintaan tahun lalu berapa lama diselesaikannya," imbuhnya.

    Soal keberadaan konten hoax di platform tersebut, ia pun meminta kepada Facebook agar laporan dari pemerintah menjadi prioritas utama. Ia beralasan, permintaan pemerintah dalam menindaklanjuti sebuah konten di media sosial telah berdasarkan UU ITE."Kan pemerintah meminta untuk melakukan pemutusan akses kepada OTT itu punya alasan, tidak bisa suka-suka. Kalau memang bertentangan dengan UU ITE itu pasti kita mintakan," ujar Rudi.

    Diberitakan sebelumnya, setelah melakukan pertemuan dengan pihak Kemenkominfo pada Februari 2017, Facebook setuju untuk membuat program literasi bernama Facebook Jurnalistik. Program tersebut akan berfokus pada edukasi dan literasi soal membuat berita.

    Facebook Jurnalistik akan digelar di beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia dengan menyasar pada kalangan mahasiswa serta organisasi tertentu. Diharapkan dengan adanya program literasi ini masyarakat bisa mengetahui ciri berita hoax dan bagaimana membuat status yang baik di Facebook.

    (kem)

    Sumber: http://techno.okezone.com/read/2017/05/23/207/1697863/tindak-lanjuti-program-literasi-kominfo-akan-surati-facebook

    Berita Terkait

    Tingkatkan Manfaat Teknologi AI, Kominfo Siapkan 3 Langkah Strategis

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan, banyak platform bisnis yang disurvei menyebut bahwa kecerdasan buatan atau Selengkapnya

    Tingkatkan Perlindungan Konsumen, Menkominfo Percepat Adaptasi Digital BBPPT

    Tingkatkan Perlindungan Konsumen, Menkominfo Percepat Adaptasi Digital BBPPT Selengkapnya

    Lestarikan Sejarah, Kemenkominfo akan Digitalisasi Aksara Jawa

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana melakukan digitalisasi aksara Jawa. Tujuanya, agar peninggalan sejarah berup Selengkapnya

    Transaksi E-Commerce Naik 400%, Kominfo Latih 2.500 UMKM Jualan Online

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat, penjualan produk di media sosial dan e-commerce melonjak 400% per April. Kementer Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA