FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 05-2017

    956

    Apel Siaga Kominfo Antisipasi 'Ledakan Data' Saat Lebaran

    Kategori Sorotan Media | fadhil

    Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar apel siaga kesiapan bidang telekomunikasi dan penyiaran menghadapi bulan Ramadan dan Idul Fitri 1438 H.

    Apel siaga dilakukan bersama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), dan seluruh operator seluler seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Hutchinson 3 Indonesia (H3I), Smartfren, Sampoerna Telekom, dan lainnya.

    "Lebaran itu sesuatu yang rutin jadi teman-teman operator juga harus rutin antisipasinya," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara ditemui usai apel di halaman Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (23/5/2017).

    Menkominfo menyebutkan apel siaga ini dilakukan untuk melakukan pengecekan atau pengujian performan jaringan telekomunikasi dan penyiaran jelang bulan puasa dan lebaran tahun ini. Sebab pada saat itu akan terjadi peningkatan dan pergerakan trafik, di mana ada gelombang masyarakat yang melakukan mudik ke kampung halaman.

    Jelang RamadanFoto: Agus Tri Haryanto/inet


    Rudiantara mengungkapkan titik mudik keberangkatan dan kedatangan, baik itu jalur darat, udara, dan laut, menjadi perhatian untuk ditingkatkan jaringan telekomunikasinya.

    Lebih detail lagi, konsentrasi layanan telekomunikasi untuk titik keberangkatan mudik ini meliputi Jakarta, Batam, dan Balikpapan, untuk jalur mudik dan arus balik ada di jalur kereta api dan jalur darat (pantai utara dan pantai selatan), serta untuk titik kedatangan mudik meliputi Surabaya, Bandung, Makassar, Medan, Lampung, dan Semarang.

    Disampaikan bila sebelumnya pengujian jaringan telekomunikasi ini dilihat dari drop call atau sukses melakukan telpon, maka saat ini lebih mengarah ke semakin kecilnya latency.

    "Kalau dulu data itu belum banyak tapi sekarang sudah era data. Jadi cara mengukur dulu itu drop call, sekarang latency. Orang ingin nerima atau kirim (layanan Data) ingin cepat sampai," sebutnya.

    Berikut parameter jaringan telekomunikasi yang di uji jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1438 H, antara lain:

    - Coverage & Signal Strenght: cakupan jaringan & kualitas sinyal seluler.

    - Layanan Telepon Dasar: tingkat kesuksesan panggilan (successfull call ratio & block call ratio) serta kontinuitas panggilan (drop call ratio) dalam satu operator seluler (on net) maupun lintas operator seluler (off net).

    - Layanan Pesan Singkat (SMS): tingkat kesuksesan pengiriman pesan (successfull SMS delivery ratio) dalam satu operator seluler (on net) maupun lintas operator seluler (off net).

    - Layanan Mobile Internet: tingkat kesuksesan akses internet (HTTP successfull attempt) serta kualitas layanan internet (Data throughput, network latency, packet loss). (fyk/fyk)

    Sumber : https://inet.detik.com/telecommunication/d-3509238/apel-siaga-kominfo-antisipasi-ledakan-data-saat-lebaran

     

    Berita Terkait

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Yayasan BAKTI Kominfo Salurkan Bantuan Paket Data kepada Korban Banjir

    Yayasan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia memberikan sejum Selengkapnya

    Yayasan BAKTI Kominfo Salurkan Bantuan Paket Data kepada Korban Banjir

    Yayasan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia memberikan sejum Selengkapnya

    DPR Apresiasi Langkah Kemenkominfo Tingkatkan Ekonomi Digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI, Toriq Hidayat memberikan apresiasi terhadap sejumlah langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan I Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA