FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
14 03-2018

542

Gelar #HUNINDOTECH Business Forum 2018, Indonesia dan Hungaria Tingkatkan Kerja Sama Sektor Digital

SIARAN PERS NO. 71/HM/KOMINFO/03/2018
Kategori Siaran Pers
#HUNINDOTECH Business Forum 2018 digagas oleh Pemerintah Hungaria dan Indonesia untuk meningkatkan kerja sama pemerintah dan swasta di kedua negara pada sektor digital. Acara itu digelar di Jakarta, Rabu (14/03/2018)

Siaran Pers No. 71/HM/KOMINFO/03/2018
Tanggal 14 Maret 2018
tentang
Gelar #HUNINDOTECH Business Forum 2018, Indonesia dan Hungaria Tingkatkan Kerja Sama Sektor Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama dengan Kedutaan Besar Hungaria di Indonesia menyelenggarakan kegiatan #HUNINDOTECH Business Forum 2018 “Revolutionary Hungary” pada Rabu, 14 Maret 2018 di Hotel Ritz Carlton Jakarta.

#HUNINDOTECH Business Forum 2018 ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama pemerintah dan swasta di kedua negara pada sektor digital. Forum ini juga menjadi sarana menambah wawasan, menciptakan ide baru dan sharing best practice berbagai tema sektor, sekaligus ajang business networking antara pengusaha Indonesia dan Hungaria.

“Saya sangat mengapresiasi rekan-rekan yang telah menempuh perjalanan jauh dari Hungaria. Saya harap forum ini dapat membuka babak baru dalam kerja sama antara Indonesia dan Hungaria yang akan membawa perubahan lebih baik dalam perkembangan teknologi di kedua negara. Kita dapat saling berbagi pengalaman bagaimana manfaat yang dihasilkan dari perkembangan teknologi bagi masyarakat di masing-masing negara. Saya juga berharap akan ada pertemuan lanjutan antara Indonesia dan Hungaria, terutama pelaku sektor swasta dari kedua belah pihak,” jelas Staf Ahli Menteri Bidang Hukum, Henri Subiakto dalam sambutannya, Rabu (14/03/2018)

Henri juga menjelaskan peran pemerintah Indonesia dalam pertumbuhan di sektor digital. “Kebijakan Indonesia dalam sektor digital menggunakan pendekatan ekosistem. Berbeda dengan sebagian besar negara berkembang lainnya yang membangun jaringan infrastruktur dan literasi digital secara bertahap, Indonesia harus memutuskan strategi yang singkat dan tepat agar tidak jauh tertinggal dibanding negara-negara di wilayah sekitar. Presiden Joko Widodo telah mengambil langkah serius untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, peran pemerintah di masa sekarang diarahkan untuk dapat menjadi fasilitator dan bahkan akselerator, dibanding sekedar menjadi regulator,” tegas Henri.

Dalam #HUNINDOTECH Business Forum ini terdapat sesi diskusi panel yang mengangkat tiga tema utama, yaitu Data Management dan Data Centers, Fintech dan Bank Security, serta Innovation dan Startups. Peserta panel mendiskusikan tentang peluang dan tantangan era digital serta mempertimbangkan kesempatan untuk mengembangkan kemitraan baru di ketiga bidang tersebut.

1. Panel Session 1: Data Management and Data Centers
Panel ini berfokus pada peraturan pengelolaan data di Indonesia, kekuatan dan kelemahannya, serta perbandingan dengan kawasan Asia Tenggara dan Eropa. Selain itu juga dibahas tentang penggunaan teknologi penyimpanan lokal dan awan, peluangnya untuk sektor pemerintah dan swasta, serta pasar Data Management yang akan tumbuh di masa depan.

2. Panel Session 2: Fintech and Bank Security
Panel ini berfokus pada keamanan layanan perbankan, di antaranya: mobile banking, secure fintech, serta pengembangan aplikasi perbankan yang aman di masa depan. Selain itu dijelaskan pula kaitannya dengan General Data Protection Regulation, perlindungan data pribadi dan keamanan bank, penanganan data yang sensitif, peraturan internal disandingkan dengan standar internasional. Panel juga mengupas tentang perkembangan trend teknologi fintech dan digital banking.

3. Panel Session 3: Innovation and Startups
Panel ini bertujuan untuk menjalin hubungan yang lebih baik antara akselerator, inkubator, startup, dan modal ventura baik dari Indonesia maupun Hungaria, melihat kondisi investor internasional yang tertarik pada potensi Indonesia sebagai salah satu pasar konsumen digital terbesar di dunia. Beberapa sub-topik yang difokuskan pada panel ini adalah tantangan dan rintangan dalam menciptakan sistem eko inovasi yang efektif para start-up, pengembangan strategi pembuatan bisnis, inkubasi awal - peluang dan tantangan di tingkat nasional, regional dan internasional, pentingnya pemasaran online dan optimasi search engine, adaptasi cepat terhadap perkembangan tren inovasi di industri startup, metode pembayaran tanpa uang (cashless), inovasi, keamanan dalam pembayaran digital.

 “Saya sangat senang melihat kerja sama ekonomi antara Hungaria dan Indonesia yang semakin berkembang pesat akhir-akhir ini. Sebagai dampak dari menguatnya hubungan bilateral kedua negara, total perjanjian di sektor perdagangan meningkat, dan jumlah turis serta pebisnis Indonesia yang mengunjungi Hungaria naik dua kali lipat dibanding tahun lalu. Selain itu banyak perusahaan Hungaria yang semakin memperkuat hubungan bisnis dan investasinya dengan partner dari Indonesia. Saya harap akan lebih banyak lagi perusahaan Hungaria yang berpartner dengan Indonesia terutama di bidang ekonomi digital” jelas Duta Besar Hungaria Judit Pach.

#HUNINDOTECH Business Forum 2018 ini dihadiri oleh sekitar 250 peserta yang berasal dari berbagai kementerian dan lembaga, perbankan, pebisnis dan pelaku start-up, akademisi, serta praktisi dan asosiasi di Indonesia. Turut hadir sebagai narasumber dalam sesi panel adalah Head of Research & Big Data PT Telkom, Dr. Komang B. Aryasa; Head of International Business Development of Asseco Central Europe Hungaria, Peter Nagy; serta Account Manager ACPM IT Consulting wilayah ASEAN, Oliver Kovecses.

BIRO HUMAS
KEMENTERIAN KOMINFO

Berita Terkait

Siaran Pers No. 232/HM/KOMINFO/09/2018 Tentang Populerkan Bahasa Isyarat, Kominfo Wajibkan Siaran Berita Gunakan Bisindo

Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung penuh upaya untuk memopulerkan penggunaan bahasa isyarat di Indonesia. Salah satu kebijaka Selengkapnya

Siaran Pers No. 231/HM/KOMINFO/09/2018 Tentang Menkominfo akan Berikan Kuliah Umum di IPB Soal Nasionalisme Era Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara akan memberikan kuliah umum bertema Nasionalisme di Era Digital yang bertempat di Graha Widya Selengkapnya

Siaran Pers No. 230/HM/KOMINFO/09/2018 Tentang Luncurkan Program Digital Talent, Kominfo Targetkan Perkuat Ekosistem Industri 4.0

Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan Program pendidikan tanpa gelar bertajuk 'Digital Talent Scholarship'. Program ini berbent Selengkapnya

Siaran Pers No. 229/HM/KOMINFO/09/2018 Tentang Kominfo Buka 291 Formasi dalam Seleksi CPNS Tahun 2018

Kementerian Komunikasi dan Informatika membuka 291 formasi untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2018. Sebanyak 6 f Selengkapnya