FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 07-2019

    1194

    Penuhi Animo Peserta, Ignite The Nation Dijadwalkan Ulang

    SIARAN PERS NO. 134/HM/KOMINFO/07/2019
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 134/HM/KOMINFO/07/2019

    Rabu, 17 Juli 2019

    Tentang

    Penuhi Animo Peserta, Ignite The Nation Dijadwalkan Ulang  

     

    Kementerian Komunikasi dan Informatika, telah membuka pendaftaran program pembinaan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital hingga akhir tahun ini. Ayo semua milenials daftar dan bergabung melalui  www.participant.1000startupdigital.id. Setelah berlangsung pembukaan sejak 16 Juli 2019, dari kapasitas maksimal 2.500 orang peserta telah terdaftar lebih dari 7.000 orang, sebelum pendaftaran berakhir. Untuk memenuhi animo peserta, Kementerian Kominfo melakukan penjadwalan ulang pelaksanaan acara itu.

    “Selama 3 tahun perjalanan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, telah memberikan kesempatan bagi puluhan ribu anak Indonesia untuk mendapat wadah merealisasikan mimpi besar mereka melalui solusi digital, di tahun ini Gerakan Nasional 1000 Startup Digital hadir dengan strategi, tahapan dan fitur-fitur yang berbeda dari sebelumnya. Dengan penampilan baru kita akan rilis Ignite the Nation, Kobarkan Bangsa! Membangun Bangsa Dengan Mimpi! Mimpi Besar yang merupakan solusi bangsa dan dunia!" jelas Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan.  

    Gerakan penampilan baru ini membawa konsep untuk perluasan skala dan peningkatan kualitas pengembangan startup digital, termasuk mengajak kementerian dan lembaga lain serta mitra lokal. Tak hanya itu, kurikulum program pun telah direvisi dengan fokus pada inkubasi. Selain itu, portofolio dan kualitas mentor akan ditingkatkan dan terjadwal dengan baik, menurut Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Ekonomi Digital, Lis Sutjiati.

    "Gerakan ini bukan sekolah, tapi merupakan upaya untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital. Apalagi di Indonesia masih banyak peluang untuk membuat solusi dari permasalahan sehari-hari sampai masalah kota dan bangsa; mulai dari pertanian,pendidikan, kesehatan dan lainnya," ungkap Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Ekonomi Digital. 

    Untuk itu, program pembinaan ini pun bersifat inklusif. Seluruh individu berusia usia 18-40 tahun yang memiliki niat dan semangat membangun usaha digital dapat mendaftarkan diri mereka. Untuk gelombang pendaftaran tahun 2019 ini, dalam 3 hari pertama pendaftaran telah ada sekitar 4.000 pendaftar untuk mengikuti Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Dilaksanakan secara intensif di 10 kota dengan kurun waktu 6 bulan, dengan konsep pembinaan yang menyeluruh, termasuk di dalamnya pembekalan materi, networking, konsultasi terkait bisnis model dan strategi produk marketing, serta inkubasi yang merupakan sesi mentoring mendalam.

    Pada awalnya, Ignite The Nation akan digelar di Hall A Basketball Senayan, Jakarta. Dengan melimpahnya animo peserta dan pertimbangan agar tidak mengecewakan calon peserta, maka Kementerian Kominfo memutuskan untuk penjadwalan ulang acara itu. Pelaksanaan tanggal 21 Juli ini diundur sesaat untuk memenuhi kebutuhan akomodasi peserta yang terus bertambah. Informasi lanjutan dan tanggal akan diberitahukan sesegera mungkin melalui website.

    Pengembangan sumber daya industri digital menjadi bekal bagi Indonesia untuk bisa lebih bersaing secara global. Lebih lanjut, secara umum pembangunan sumber daya manusia menjadi salah satu prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo. Dalam pidato pertamanya sebagai presiden terpilih pada Pilpres 2019 yang bertajuk Visi Indonesia, Presiden Joko Widodo menjelaskan komitmen pemerintah untuk mengidentifikasi, memfasilitasi, serta memberikan dukungan pendidikan dan pengembangan diri bagi talenta-talenta Indonesia. 

    Di era baru ini, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital kembali didukung oleh berbagai institusi pemerintahan, masyarakat dan komunitas termasuk Kumpul yang terpilih menjadi koordinator nasional. Faye Alund, CEO Kumpul, menjelaskan, “Kami sangat mengapresiasi Kemkominfo untuk kepercayaannya kepada Kumpul sebagai koordinator nasional program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Kumpul sebagai platform pembelajaran bersama yang memberdayakan coworking space, bertujuan untuk membangun ekosistem yang fokus pada pertumbuhan wirausaha. Melalui Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, kami berharap dapat menghadirkan jaringan kewirausahaan yang lebih inklusif dan berkelanjutan.”

    ***  

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    *Catatan, Siaran Pers ini sebelumnya terbit dengan judul Pendaftaran Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2019 Dibuka Sepanjang Tahun pada 17 Juli 2019.   


    Tentang Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2019

    Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Bapak Rudiantara selaku Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi ‘The Digital Energy of Asia’ di tahun 2020 dengan mencetak 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital.  Sejak dibentuk pada tahun 2016 silam, tercatat sudah ada lebih dari 40.000 entrepreneur yang mendaftarkan diri dan berpartisipasi dalam Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Dalam kurun waktu tersebut, program pembinaan ini juga sudah melahirkan 525 startup baru. 

    Tentang Kumpul

    Kumpul adalah platform pembelajaran bersama yang memberdayakan coworking space melalui program-program terkurasi, yang bertujuan untuk membangun ekosistem yang berfokus pada pertumbuhan wirausaha. Kumpul juga merupakan salah satu pendiri Asosiasi Coworking Indonesia.


    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 220/HM/KOMINFO/12/2019 Tentang Unit Kerja Layanan Perizinan Utama Kominfo Raih Penghargaan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)

    Direktorat Operasi Sumber Daya, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Kominfo melalui Selengkapnya

    Siaran Pers No. 219/HM/KOMINFO/12/2019 Tentang Klarifikasi Polemik Pemberhentian Dirut TVRI, Menkominfo Temui Dewan Pengawas dan Direksi TVRI

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate secara terpisah menggelar pertemuan dengan Dewan Pengawas dan Direksi TVRI pada Jumat (06 Selengkapnya

    Siaran Pers No. 218/HM/KOMINFO/12/2019 tentang Sosialisasikan Aturan IMEI, Kominfo Sambangi Kota Pelabuhan Batam

    Sebagai kota pelabuhan dan salah satu pintu masuk barang dari luar negeri, Batam menjadi kota pertama yang disambangi Kementerian Komunikasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 217/HM/KOMINFO/12/2019 Tentang Selama November 2019, Kementerian Kominfo Identifikasi 260 Hoaks, Total Hoaks Sejak Agustus 2018 Menjadi 3.901

    Selama bulan November 2019, sebanyak 260 hoaks, kabar bohong, berita palsu berhasil diidentifikasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informati Selengkapnya