FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 02-2020

    32

    Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama BKN dan BAKTI Kominfo untuk Penyediaan Infrastruktur Telekomunikasi

    SIARAN PERS NO.24/HM/KOMINFO/02/2020
    Kategori Siaran Pers
    Sekretaris Utama BKN Supranawa Yusuf (Kiri) bersama Direktur Utama BAKTI Anang Latif (tengah), menandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam rangka menyediakan akses internet di kantor BKN daerah serta wilayah 3T, disaksikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kominfo Rosarita Niken Widiastuti (kanan), di Kantor BKN, Jakarta, Jum'at (14/02/2020). - (DPS)

    Siaran Pers No.24/HM/KOMINFO/02/2020

    Jum'at, 14 Februari 2020

    Tentang

    Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama BKN dan BAKTI Kominfo untuk Penyediaan Infrastruktur Telekomunikasi


    Jakarta, Kominfo - Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengadakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam rangka menyediakan akses internet di kantor BKN daerah serta wilayah 3T.

    Proses penandatanganan PKS dilakukan oleh Sekretaris Utama (Sestama) BKN Supranawa Yusuf dengan Direktur Utama BAKTI Anang Latif, disaksikan langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kominfo Rosarita Niken Widiastuti.

    "Perjanjian kerja bersama antara BKN dengan BAKTI ini sangat penting sekali, mengingat BKN ini melayani seluruh ASN di seluruh Indonesia yang jumlahnya lebih dari 4 juta orang," tutur Niken usai Penandatanganan PKS di Kantor BKN, Jakarta, Jum'at (14/02/2020).

    Sekjen Kominfo mengatakan dalam kerja sama tersebut, BAKTI menyediakan infrastruktur internet di kantor-kantor BKN Daerah dan di wilayah 3T (Terdepan, Tertinggal dan (Terpencil) yang salah satu tujuannya untuk memudahkan pemerintah daerah menyelenggarakan tes bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

    "Dalam kaitannya dengan penerimaan CPNS ini juga saya rasa BKN juga sudah sangat luar biasa sekali, transaparan, sehingga siapapun kalau memang tidak mampu atau nilainya tidak sesuai standar dia akan gugur dengan sendirinya dan secara transparan langsung bisa diikuti," jelas Niken.

    Sekjen Kominfo juga memberikan apresiasi kepada BKN yang juga telah proaktif mengawasi modus dalam penyelenggaraan tes CPNS, "Saya rasa ini adalah hal yang sangat luar biasa dan pantas kita beri acungan dua jempol kepada BKN, karena kalau penerimaan CPNS jaman dulu ada modus tertentu, tapi sekarang modus-modus itu sudah tidak laku karena semua orang sudah pintar," imbuhnya.

    Niken menambahkan bahwa pemerintah merasakan CPNS yang diterima di kementerian dan lembaga sudah mempunyai modal yang tinggi, seperti modal pengetahuan, bahasa inggris serta nilai-nilai kebangsaan.

    foto bersama sekjen kominfo dalam acara PKS BKN

    Infrastruktur Telekomunikasi Mewujudkan e-government

    Melalui penandatanganan PKS antara BKN dan BAKTI Kominfo, Sekjen Kominfo juga meyakini hal tersebut menjadi salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan penerapan e-government di Indonesia.

    e-government di Indonesia, lanjutnya, memang masih tertinggal dibandingkan negara-negara lain di ASEAN, namun dengan percepatan infrastruktur telekomunikasi, Kementerian Kominfo terus proaktif untuk memastikan mengejar ketertinggalan.

    "Sekarang ini dengan adanya e-government di Indonesia ini memang belum terlalu bagus, kita baru menduduki urutan ke-7 di ASEAN dan untuk di dunia kita baru menduduki di urutan ke 107, jadi masih jauh sekali. Tetapi Kementerian Kominfo terus mendorong semua Kementerian dan Lembaga untuk terus mengembangkan e-goverment yang basisnya adalah pelayanan online, akses internet dan SDM yang memadai," jelasnya.

    "Saya yakin karena pak Anang (Dirut BAKTI) dan seluruh jajaran Direksi BAKTI sangat proaktif selama ini sudah menyediakan ribuan akses untuk kecamatan, kepolisian di daerah 3T, sekolah-sekolah dan lain-lain secara cepat. Jadi nanti tinggal BKN perintah saja mana yang prioritas harus sesegera mungkin," ujarnya.

     

    Ferdinandus Setu

    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo

    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id

    Telp/Fax : 021-3504024

    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo

    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No.26/HM/KOMINFO/02/2020 Tentang Kominfo Imbau Penyelenggara Pos Antisipasi Penyebaran Virus Corona melalui Barang Kiriman Pos

    Direktorat Pos Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kementerian Kominfo, mengimbau kepada penyelenggara pos Selengkapnya

    Siaran Pers No.25/HM/KOMINFO/02/2020 Tentang Menkominfo Paparkan Proyeksi Ekonomi Digital Indonesia di Washington

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memaparkan bahwa Indonesia diproyeksikan akan menjadi negara dengan ekonomi digital terbe Selengkapnya

    Siaran Pers No.23/HM/KOMINFO/02/2020 Tentang Sinergitas untuk Dorong Percepatan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETP)

    Pemerintah meningkatkan sinergitas untuk penerapan digitalasisi dalam pengelolaan keuangan daerah. Dengan transformasi itu, ditargetkan dapa Selengkapnya

    Siaran Pers No.22/HM/KOMINFO/02/2020 Tentang Hingga 12 Februari 2020, Kominfo Identifikasi 86 Hoaks Virus Corona

    Kementerian Komunikasi dan Informatika terus proaktif melakukan pemantauan atas beredarnya hoaks, disinformasi dan kabar bohong terkait Viru Selengkapnya