FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 04-2016

    4861

    Sekjen: Sekretaris Itu Tangan Kanan Pimpinan

    Kategori Berita Kominfo | patr001

    Surabaya, Kominfo - Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Farida Dwi Cahyarini menilai penting peran sekretaris bagi pimpinan. “Saya merasakan perkembangan yang sangat pesat. Saya merasa sekretaris sebagai tangan kanan saya karena begitu banyaknya pekerjaan yang perlu dibantu," katanya dalam Bimbingan Teknis Peningkatan Kemampuan Sekretaris di Surabaya, Jumat (29/04/2016).

    Oleh karena itu, Farida menganggap pentingnya seorang sekretaris berperilaku yang baik layaknya Public Relation (PR). “Saya menganggap bahwa sekretaris-sekretaris harus mempunyai attitude yang baik, tidak boleh jutek, supel seperti PR. Selain jadi PR yang baik ke dalam namun juga ke luar seperti sekretaris harus mempunyai kontak nomor untuk dihubungi,” jelasnya.

    Sekjen Kementerian Kominfo mengatakan sekretaris memegang peranan penting dalam memegang rahasia. “Namanya saja dari ‘secret’ yang artinya dia harus memegang rahasia negara maupun rahasia bosnya," ujarnya.

    Ia menjelaskan usaha menjaga rahasia sangat penting terutama berkaitan dengan surat yang tulisannya ‘Rahasia’. “Surat sebelum ditanda tangan masih merupakan rahasia, kalau sudah di-publish baru boleh diberitahukan,” jelasnya.

    Farida mengingatkan kepada para sekretaris untuk berhati-hati dengan draft surat. “Draft surat jangan difoto atau dipublish. Kalau ada evident menjadi masalah,” tuturnya.

    Ia pun berharap sekretaris dapat memahami Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. “Rahasia itu harus dipilah mana yang harus disampaikan, mana yang tidak,” katanya.

    Berkaitan dengan hal persuratan di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika, ia mengimbau kepada sekretaris agar selalu menambah wawasan dan memahami hal-hal tentang ICT. “Seorang sekretaris pastinya membaca semua surat-surat dan mengetahui mana surat yang sudah ditindaklanjuti dan mana yang belum,” ujarnya. (PS)

    Berita Terkait

    Menkominfo Ajak Masyarakat Makin Produktif dengan Kemajuan Digital

    Kemajuan ekosistem digital yang sudah ada ini harus dijaga bersama oleh seluruh masyarakat dari kejahatan keuangan berbasis digital yang mak Selengkapnya

    Sekjen: Manfaatkan Teknologi untuk Berikan Pelayanan Publik Prima

    Sivitas Kementerian Kominfo harus memanfaatkan teknologi digital dengan optimal agar dapat membantu meningkatkan efisiensi, produktivitas, d Selengkapnya

    Jadi Garda Terdepan, Menteri Johnny: PSE Perlu Siapkan Sistem Keamanan Paripurna

    Menkominfo mendorong pelaku fintech untuk memanfaatkan fasilitas autentikasi elektronik oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE). Selengkapnya

    Sekjen Kominfo: Widyaiswara Jadi Penerus Pengembangan Kompetensi ASN

    “Widyaiswara merupakan jabatan fungsional yang mempunyai tanggung jawab dan wewenang untuk memdidik, mengajar dan melatih ASN pada lembaga Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA