FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 08-2017

    3981

    BI Sebut Gangguan ATM Bisa Diatasi Pakai Satelit Alternatif

    Kategori Sorotan Media | Nur Islami
    (Ilustrasi) Pemandangan di salah satu lokasi ATM BCA. FOTO/bca.co.id.

    tirto.id - Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo mengatakan gangguan layanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik sejumlah bank pemakai jasa Satelit Telkom-1 sebenarnya bisa cepat diatasi.

    Agus meminta sebagian bank segera mengalihkan antenanya dari Satelit Telkom-1, yang sedang mengalami gangguan, ke sejumlah alternatif lain. Dia mencontohkan ada dua alternatif, yakni Satelit Telkom-2 dan Satelit Telkom-3S.

    Pengalihan itu, bisa dilakukan hingga kondisi Satelit Telkom-1 berfungsi normal kembali. "Kami harap antena yang tadinya diarahkan ke Satelit Telkom-1 bisa pindah ke satelit alternatif," kata Agus di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, pada Senin (28/8/2017) seperti dikutip Antara.

    Agus menilai gangguan layanan perbankan, terutama pada Jumat pekan kemarin, terjadi karena sejumlah Bank pemakai Satelit Telkom-1 tidak segera beralih ke satelit alternatif.

    "Nah, beberapa bank itu masih menggunakan Telkom-1 sebagai penyedia jasa jaringan. Begitu hari Jumat itu ada gangguan yang sifatnya anomali," kata Agus.

    Agus berharap kalangan perbankan segera memperhatikan pemulihan layanan kantor kas dan ATM. "Langkah pertama, mereka mengalihkan posisinya (antena) tidak menggunakan Satelit Telkom-1. Dialihkan ke Telkom-3S atau dua satelit lain yang juga menyediakan jaringan komunikasi," kata dia.

    Menurut Agus, pihak Telkom akan segera memberikan penjelasan soal penyebab Satelit Telkom-1 terganggu layanannya. Bank Indonesia juga telah membahas gangguan ini dengan Telkom pada hari ini. BI mencatat ada lima penyedia jaringan yang menggunakan Satelit Telkom-1.

    ”Telkom sedang bicara dengan vendor internasionalnya. Sejak Jumat (pekan kemarin), kami sudah melakukan pembahasan dengan perbankan, OJK dan Kemenkominfo," kata Agus.

    Selain itu, Agus menambahkan, Bank Indonesia telah mempersiapkan satuan kerja untuk memastikan sistem pembayaran kliring, RTGS (Real Time Gross Settlement), dan pengelolaan uang tidak terhambat akibat Satelit Telkom-1 terganggu.

    Sumber : https://tirto.id/bi-sebut-gangguan-atm-bisa-diatasi-pakai-satelit-alternatif-cvuD

    Berita Terkait

    Langkah Kominfo Atasi Hoaks Konspirasi soal Corona

    Konten hoaks terkait teori konspirasi corona beredar di media sosial. Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate mengaku su Selengkapnya

    Kominfo Genjot Produktivitas Masyarakat Lewat Internet

    MENTERI Komunikasi dan Informatika RI Johnny G Plate menyatakan pemanfaatan internet di desa maupun sekolah menjadi misi kementerian yang ia Selengkapnya

    Kini Warga Teluk Wondanama Bisa Menikmati Akses Internet

    REPUBLIKA.CO.ID, TELUK WONDANAMA— Tidak cuma terhubung jaringan telepon seluler, masyarakat di kampung daerah pedalaman, pesisir juga bebe Selengkapnya

    Kisah Sukses Perjuangan Indonesia Perpanjang Tiga Orbit Satelit Utama

    Indonesia berhasil memperjuangkan perpanjangan masa regulasi tiga filing satelit pada slot orbit PALAPA C1-B (113 BT), GARUDA-2 (123 BT) dan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA