FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
20 12-2017

482

Kominfo Fokus Literasi dan Pengendalian Penggunaan Internet

Kategori Berita Kementerian | Viska
Dirjen Aptika dalam Diskusi Bareng Jurnalis di RM Talaga Sampireun, Tangerang Selatan, Senin (18/12/2017).

Tangerang, Kominfo – Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menegaskan pemerintah lebih fokus pada dua hal yaitu literasi dan pengendalian. Hal itu disampaikan Dirjen Semuel dalam Diskusi Bareng Jurnalis dengan Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemkominfo, di Rumah Makan Talaga Sampireun, Tangerang Selatan, Senin (18/12/2017).

Dirjen Aptika Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan Kementerian Kominfo sekarang lebih fokus kepada dua hal, yaitu pertama pada literasi dan yang kedua pada pengendalian dalam mengantisipasi peningkatan penggunaan internet. Ia menjelaskan bahwa meningkatnya pengguna internat yang melonjak tajam adalah suatu peristiwa yang tidak bisa dihindari pada era digital seperti sekarang ini.

“Pada tahun lalu pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta dan melonjak tajam menjadi 243,7 juta pengguna internet sekarang ini. Pada umumnya pengguna internet lebih percaya kepada berita yang ada didalamnya ada hoax, berita bohong, Saracen dan kejahatan di dunia maya,” ujarnya.

Dengan makin banyaknya pengguna internet, ancaman konten negatif seperti hoax, bullying, radikalisme, pornografi, dan pelanggaran privasi juga cenderung makin meningkat. Kementerian Kominfo menginisiasi Program Melek Internet di kalangan masyarakat selama tiga tahun ke depan. Tak hanya itu, tugas Ditjen Aptikasi dan Informatika juga berkaitan dengan literasi dan pengendalian.

"Semua menjadi kekhawatiran di dunia maya. Literasi digital merupakan kunci untuk mengatasi persoalan tersebut. Dampak teknologi tanpa literasi bisa mengakibatkan keresahan di masyarakat, di mana konten bisa difabrikasi itu berbahaya sekali. Maka kita literasi masyarakat supaya penggunaan internet itu produktif. Teknologi bukan pengendali tapi manusianya adalah pengendali,” papar Dirjen Semuel.

Lebih lanjut, Dirjen Aptika menjelaskan literasi digital yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo berlangsung dari hulu ke hilir. "Di hulu, Kominfo lakukan edukasi, literasi digital. Sedangkan di tengahnya ada pendampingan yang berkelanjutan oleh komunitas. Dan dibagian, di hilirnya berupa penegakkan hukum," jelasnya.

Pada acara tersebut hadir Plt Kepala Biro Humas Noor Iza, Kabag Publikasi H. Ahmad Nizar, serta 40 orang wartawan dari media cetak, media elektronik, media online serta pegawai Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo. (APW).

Berita Terkait

Kominfo Targetkan Percepatan Layanan Perizinan

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Farida Dwi Cahyarini mengatakan bahwa Menteri Kominfo Rudiantara menginginkan sem Selengkapnya

Hoaks Tak Akan Hentikan Pembangunan Akses Internet

“Ada 140 juta penduduk Indonesia pada akhir Tahun 2017 dan separuhnya merupakan pengguna internet. Namun ada banyak penyalahgunaan dan dit Selengkapnya

Kominfo Prioritaskan Perlindungan Data Pribadi

Menteri Kominfo Rudiantara mengungkapkan saat ini aturan perlindungan data pribadi masih dalam bentuk Rancangan Undang-Undang, namun pengatu Selengkapnya

Gaet Influencer, Kampanye Literasi Digital Sabet Penghargaan MarkPlus

Upaya peningkatan literasi digital masyarakat yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika diganjar penghargaan dari MarkPlus, firm Selengkapnya