FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 01-2018

    3195

    Kepala BSSN: Media Sosial Urusan Kemkominfo

    Kategori Sorotan Media | Winda Ferrissa
    Bincang santai dengan Kepala BSSN Djoko Setiadi. (Foto: Indra Subagja/kumparan)

    Setelah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) resmi berdiri, maka bertambah lembaga yang mengatur dunia maya di Indonesia. Selama ini, hanya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang mengurus regulasi soal internet.

    Kepala BSSN Djoko Setiadi mengatakan, akan ada pembagian kewenangan dengan Kemkominfo, salah satunya soal media sosial. “Untuk Medsos, Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika) pernah menyampaikan sementara ada di kominfo dari sisi kewenangannya.” Ujarnya, Jum’at (5/1) di Gedung BSSN, Jakarta Selatan, Jumat (5/1). 

    Djoko tidak menjelaskan secara detil perbedaan kewenangan antara BSSN dan Kemkominfo. Namun, dia mengklaim punya kewenangan yang lebih besar. 

    “Kalau soal kewenangan ini diberi kewenangan lebih. Selain deteksi lebih, siapa tahu kita juga bisa menentukan titik yang bisa dicari. Deteksi ini bisa dari mana saja, tapi tergantung dari sensitivitas dan inilah penugasan dan ketajaman untuk peranan dan kewenangan. Nanti mungkin akan kami lakukan upaya smapai sejauh mana lembaga ini diberikan kewenangan,” Ucapnya. 

    Hal ini juga dikatakan Juru bicara BSSN Anton Setiawan. Menurutnya, BSSN akan bertanggung jawab atas keamanan masyarakat dan privat industri. 

    “Konsep keamanan siber kita menjaga supaya tidak ada ancaman yg menjadi kenyataan di area siber. Kita memastikan masyarakat, privat industri melakikan trandaksi elek dengan aman. Kita standarkan pengamanan it, komputer, passeord dinkelola. yang saat ini musuh kita mematamatai.” sebutnya.

    Sumber : https://kumparan.com/@kumparannews/kepala-bssn-media-sosial-urusan-kemkominfo

    Berita Terkait

    Septriana Tangkary: Gunakan Media Sosial untuk Berkarya Menghasilkan Sesuatu

    POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen IKP Kementerian Kominfo Septriana Tangkary, Selengkapnya

    Daftar 60 Hoaks tentang Virus Corona Temuan Kemkominfo

    Liputan6.com, Jakarta - Mewabahnya virus corona di Tiongkok hingga ke seluruh dunia membuat banyak orang Indonesia panik. Kepanikan warga di Selengkapnya

    Kemenkominfo Gelar Acara Seminar Sosialisasi Internet

    Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Ir. Alimin Abdullah bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BA Selengkapnya

    Guru Besar UNS Dilantik Jadi Dirjen IKP Kemenkominfo

    Guru Besar Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosisial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Widodo Mukti Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA