FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
27 04-2018

658

3 Cara Lepas dari Facebook ala Menkominfo

Kategori Sorotan Media | Diani Hutabarat

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menyatakan, terdapat dua masalah besar yang menimpa Facebook saat ini. Pertama, skandal penyalahgunaan data dan menjadi masalah bagi etnis Rohingya di Myanmar. 

Untuk itu, dia memberikan tiga cara menjauhi masalah dari salah satu platform media sosial besar itu. 

Puasa 

Rudiantara menganjurkan hal ini beberapa kali, termasuk di akun Twitternya. Menurutnya, tidak ada yang salah untuk puasa sementara mengakses Facebook.

"Puasa apa salahnya sih. Dan puasa kan bukan berarti berhenti, untuk sementara tidak. Kalau puasa dari Facebook kan masih ada media sosial lain. Lebih banyak sekarang, Instagram. Kenapa enggak pakai itu," ujarnya ditemui di Jakarta, Rabu 25 April 2018. 

Hati-hati

 

Anjuran puasa pada Facebook itu memang tak begitu disambut pengguna media sosial. Masih banyak orang yang tidak bisa putus dari Facebook. Alasannya bermacam-macam, selain kenyamanan, bagi pengguna Facebook, juga dijadikan ajang berjualan atau bertemu teman lama yang membuat makin sulit untuk melepaskan diri dari media sosial tersebut. 

Rudiantara mengatakan, jika memang tak bisa lepas atau puasa Facebook, ya sebaiknya pengguna harus tetap berhati-hati pada data pribadi masing-masing.

"Walaupun terpaksa hati-hati dengan data yang di-submit," ujarnya. 

Pakai buatan Indonesia

Rudiantara menganjurkan untuk berpindah ke media sosial atau aplikasi pesan instan lain, selain Facebook. Dia malah mengajak pengguna internet untuk memakai produk buatan lokal.

"Apa salahnya sih pakai media sosial atau messenger dari Indonesia. Kali-kali dukung lah punya Indonesia," tutur Rudiantara.

Sumber: msn.com

Berita Terkait

Netizen Keluhkan Facebook dan Instagram Error, Begini Reaksi Kominfo

JAKARTA, iNews.id - Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ferdinandus Setu mengatakan pihaknya t Selengkapnya

Tiga Tipe Orang Penyebar Hoaks di Internet Menurut Kemkominfo

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu menjelaskan sekurangnya ada tiga jenis penyebar hoaks di internet. Tipe Selengkapnya

Ini dia empat fokus kerja Menkominfo Rudiantara di tahun 2019

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan pada tahun 2019 ini, terdapat empat program bidang komunikasi dan informa Selengkapnya

Traveloka akan Jadi Decacron? Ini Reaksi Menkominfo

JAKARTA - Biro perjalanan daring (OTA) Traveloka dikabarkan mengakuisisi tiga perusahaan sejenis, salah satunya Pegipegi dari Indonesia. Men Selengkapnya