FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
27 04-2018

171

3 Cara Lepas dari Facebook ala Menkominfo

Kategori Sorotan Media | Diani Hutabarat

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menyatakan, terdapat dua masalah besar yang menimpa Facebook saat ini. Pertama, skandal penyalahgunaan data dan menjadi masalah bagi etnis Rohingya di Myanmar. 

Untuk itu, dia memberikan tiga cara menjauhi masalah dari salah satu platform media sosial besar itu. 

Puasa 

Rudiantara menganjurkan hal ini beberapa kali, termasuk di akun Twitternya. Menurutnya, tidak ada yang salah untuk puasa sementara mengakses Facebook.

"Puasa apa salahnya sih. Dan puasa kan bukan berarti berhenti, untuk sementara tidak. Kalau puasa dari Facebook kan masih ada media sosial lain. Lebih banyak sekarang, Instagram. Kenapa enggak pakai itu," ujarnya ditemui di Jakarta, Rabu 25 April 2018. 

Hati-hati

 

Anjuran puasa pada Facebook itu memang tak begitu disambut pengguna media sosial. Masih banyak orang yang tidak bisa putus dari Facebook. Alasannya bermacam-macam, selain kenyamanan, bagi pengguna Facebook, juga dijadikan ajang berjualan atau bertemu teman lama yang membuat makin sulit untuk melepaskan diri dari media sosial tersebut. 

Rudiantara mengatakan, jika memang tak bisa lepas atau puasa Facebook, ya sebaiknya pengguna harus tetap berhati-hati pada data pribadi masing-masing.

"Walaupun terpaksa hati-hati dengan data yang di-submit," ujarnya. 

Pakai buatan Indonesia

Rudiantara menganjurkan untuk berpindah ke media sosial atau aplikasi pesan instan lain, selain Facebook. Dia malah mengajak pengguna internet untuk memakai produk buatan lokal.

"Apa salahnya sih pakai media sosial atau messenger dari Indonesia. Kali-kali dukung lah punya Indonesia," tutur Rudiantara.

Sumber: msn.com

Berita Terkait

3 Poin Pertemuan Kominfo dengan Facebook, Diancam Take-down

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara bersama Vice President Public PolicyFacebook Asia Pasific, Simon Milner membahas beberapa hal Selengkapnya

Bahas Soal Cambridge Analytica, Bos Facebook Temui Menkominfo Hari Ini

Facebook memenuhi janji mendatangkan salah satu eksekutifnya untuk bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, khusus mem Selengkapnya

Soal Nasib Facebook, Kominfo Tunggu Hasil Audit di Inggris

irjen Sumber Daya dan Perangkat Pos Informatika (SDPPI) Semuel Abrijani Pangerapan menegaskan pihaknya terus memantau perkembangan hasil aud Selengkapnya

Nomor Prabayar Belum Diregistrasi Bakal Terblokir Mulai 1 Mei

Mulai 1 Mei 2018, nomor yang belum melakukan registrasi, tidak akan bisa melakukan SMS dan menerima atau melakukan panggilan, serta tidak bi Selengkapnya