FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
07 07-2018

859

Fasilitasi Dukungan untuk Asian Games 2018, Kominfo Luncurkan Aplikasi Duta Suporter Indonesia

SIARAN PERS NO. 135/HM/KOMINFO/07/2018
Kategori Siaran Pers

Siaran Pers No. 135/HM/KOMINFO/07/2018 

Tanggal 07 Juli 2018

Tentang

Fasilitasi Dukungan untuk Asian Games 2018,

Kominfo Luncurkan Aplikasi Duta Suporter Indonesia

 

Palembang, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan secara terbatas di depan media nasional dan internasional sebuah aplikasi mobile bernama Duta Suporter Indonesia. Aplikasi berbasiskan Android yang kini sudah tersedia di Google Play Store ini akan diluncurkan secara resmi di tanggal 10 Juli nanti. Peluncuran versi trial aplikasi ini secara terbatas (soft launching) untuk memberikan informasi awal sehingga awak media bisa mencobanya lebih dahulu dan dapat memberikan masukkan sebelum resmi diluncurkan. 

Menteri Kominfo menyatakan Asian Games 2018 ini adalah sebuah kegiatan penting untuk seluruh masyarakat Indonesia. “Kominfo melakukan banyak kegiatan untuk memromosikan Asian Games 2018,” tegasnya dalam Forum Merdeka Barat 9 bertajuk Progress dan Kesiapan Asian Games 2018 di Wisma Atlet Jakabaring, Palembang, Sabtu (07/07/2018).

Menurut Menteri Rudiantara keberadaan aplikasi ini akan dapat melibatkan seluruh masyarakat Indonesia. “Program dan aplikasi Duta Suporter Indonesia ini bertujuan untuk melibatkan dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia dari 34 provinsi untuk ikut memiliki Asian Games 2018 secara digital,” paparnya.

Program dan Aplikasi Duta Suporter Indonesia yang digagas oleh Menteri Kominfo dan tim berawal dari ide untuk melibatkan seluruh masyarakat Indonesia sehingga Asian Games bukan saja hanya dimiliki oleh masyarakat dari Jakarta dan Palembang dimana Asian Games akan dilaksanakan tapi juga dimiliki oleh masyarakat dari 34 provinsi Indonesia.

Caranya adalah, selama 30 hari kedepan program ini berjalan, aplikasi dapat diunduh dan publik dapat melakukan registrasi mencalonkan dirinya sebagai calon duta suporter dari provinsinya masing-masing.

Selama masa program, para calon duta akan mendapatkan tugas-tugas yang berhubungan dengan Asian Games dan daerahnya, dimana masing-masing tugas ini nanti akan dapat dipilih (vote). 

Di akhir program, duta terpilih dengan vote terbanyak di masing-masing provinsi, 68 orang, 1 pria dan 1 wanita dari 34 provinsi, akan mendapatkan undangan untuk bersama menghadiri acara pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta. 


Sementara itu, Enda Nasution, Partner di Suvarna.ID sebagai tim yang mendevelop aplikasi dan program ini menyampaikan keberadaan aplikasi ini akan memungkinkan dukungan warga Indonesia secara luas. 

“Asian Games 2018, bukan saja milik para atlit yang berlaga, tapi juga kita dapat mendukung sebagai suporter yang baik dan bijak, para 68 orang Duta Suporter yang mewakili 34 Provinsi nanti akan berkesempatan untuk bertemu dan hadir bersama dengan penonton Asian Games dari berbagai bangsa sehingga dapat merasakan secara langsung semangat dan keseruan upacara pembukaan Asian Games 2018,” paparnya.

Informasi lebih lengkap dapat dilihat dan dibagikan dari www.dutasuporter.id  Facebook: dutasuporter Twitter: @dutasuporter Instagram: @dutasuporter

 

Noor Iza

Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo

e-mail: humas@mail.kominfo.go.id 

Telp/Fax : 021-350402

Berita Terkait

Siaran Pers No. 300/HM/KOMINFO/11/2018 Tentang Gugatan PTUN PT First Media

Sidang gugatan PTUN PT First Media dengan agenda pemeriksaan persiapan telah digelar Selasa, 13 November 2018 di Kantor Pengadilan Tata Usah Selengkapnya

Siaran Pers No. 299/HM/KOMINFO/11/2018 Tentang Evaluasi Kinerja Penyelenggara BWA 2.3 GHz

Sehubungan dengan akan berakhirnya masa laku Izin Pita Frekuensi Radio pada Pita frekuensi radio 2.3 GHz untuk penyelenggaraan Jaringan teta Selengkapnya

Siaran Pers No. 298/HM/KOMINFO/11/2018 tentang RIoT 2018, Pamerkan Produk Unggulan Anak Bangsa di Bidang IoT

Setelah sukses dengan Hackathon Republic of Internet of Things (RIoT) pada tahun 2017 lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali m Selengkapnya

Siaran Pers No. 297/HM/KOMINFO/11/2018 Tentang Peserta Seleksi Calon Anggota KRT-BRTI yang Dinyatakan Lulus Asesmen Psikologi

Proses Seleksi Calon Anggota Komite Regulasi Telekomunikasi pada Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (KRT-BRTI) saat ini sudah sampai pa Selengkapnya