FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 08-2018

    1191

    Menkominfo Apresiasi Peluncuran Satelit Merah Putih Telkom Di Florida

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengapresiasi keberhasilan Telkom dalam meluncurkan satelit merah putih.

    Saya ucapkan selamat dan apresiasi atas peluncuran satelit Merah Putih ini karena bermakna sangat strategis bagi Indonesia," katanya.

    Peluncuruan satelit ini tidak lepas dari tingginya kebutuhan Indonesia akan kapasitas satelit dalam memberikan pelayanan komunikasi kepada masyarakat.

    Oleh sebab itu. Rudiantara mendorong sejumlah penyelenggara satelit, terutama Telkom, selalu mencari jalan baru untuk memenuhi kebutuhan satelit yang kian berkembang saat ini.

    "Semoga peluncuran ini menjadi milestone bagi kita dan industri telekomunikasi khususnya untuk senantiasa memenuhi kebutuhan pelanggan, dan Telkom dapat meluncurkan satelit dengan kapasitas dan teknologi baru." tuturnya.

    Di tempat terpisah, Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga mengatakan, Satelit Merah Putih berhasil diluncurkan di Cape Canaveral, Florida, kemarin.

    "Satelit ini akan menempati slot orbit 108 derajat Bujur Timur (BT) atau di atas wilayah sekitar Selat Karimata. Kehadiran Satelit ini akan melengkapi dua satelit Telkom lainnya yang masih aktif beroperasi, yaitu Telkom 2 dan Telkom 3S. Satelit Merah Putih akan menambah jumlah transponder milik Telkom dari 73 menjadi 133 transponder. Hal ini akan memperkuat bisnis satelit Telkom Group," ujarnya.

    Satelit Merah Putih merupakan satelit telekomunikasi yang memiliki kapasitas lebih besar dan jangkauan lebih luas dibandingkan satelit milik Telkom sebelumnya. Selain itu, Satelit Merah Putih dibangun menggunakan teknologi Fiber Optic Gyro, sehingga memiliki kestabilan lebih tinggi.

    Satelit Merah Putih dibangun oleh perusahaan pembuat satelit komersial dan perangkat antariksa asal Amerika, Space System Loral (SSL). Satelit yang dibangun sejak awal 2016 ini dihantarkan menuju orbit menggunakan roket flight proven Falcon 9 milik SpaceX,perusahaan jasa peluncuran asal Amerika yang memiliki success rate peluncuran yang cukup tinggi yaitu sekitar 98 persen.

    Keberhasilan peluncuran Satelit Merah Putih diharapkan dapat memenuhi demand transponder nasional, mengingat satelit merupakan infrastruktur komplemen yang dibutuhkan untuk menjangkau wilayah-wilayah dengan karakteristik topografi negara kepulauan seperti Indonesia.

    Satelit Merah Putih akan berperan penting dalam menghadirkan layanan komunikasi broadband di area-area yang tidak dapat dijangkau oleh teknologi fiber optic maupun sistem komunikasi lainnya, khususnya di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

    "Satelit Merah Putih menjangkau seluruh wilayah Indonesia, negara-negara di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Sehingga kehadirannya diharapkan dapat mengurangi kesenjangan digital di Indonesia dan memperkuat bisnis internasional Telkom Group, sehingga Telkom Group mampu menjadi perusahaan telekomunikasi digital Indonesia yang terdepan dan berdaya saing global," ungkapnya.

    Alex juga berharap Satelit merah putih dapat mendorong pembangunan masyarakat digital Indonesia dan memperkuat peran Telkom sebagai enabler dalam kemajuan ekonomi digital nasional.

    "Hal ini sejalan dengan cita-cita pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara," tutup Alex.

    Sumber berita: koran Rakyat Merdeka halaman 6 (08/08/2018)

    Berita Terkait

    Kominfo Perbaharui Aplikasi PeduliLindungi Guna Penguatan Layanan Telemedis di Masa COVID-19

    Dalam pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19, layanan telemedis atau layanan kesehatan daring menjadi salah satu upaya yang tengah digala Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Kominfo dukung penyandang disabilitas terlibat dalam ekonomi digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyediakan pelatihan bagi para penyandang disabilitas untuk mendorong keterlibatan m Selengkapnya

    Pemilihan Serentak 2020, Kominfo Sosialisasi Pemilih Cerdas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah melaksanakan sosialisasi berkaitan dengan Pemilihan Serentak 2020. Selaras dengan agenda Komis Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA