FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 01-2019

    1224

    Fokus Bangun SDM, Pemerintah Siapkan 368 Ribu Beasiswa

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Gorontalo, Kominfo - Tahun 2019 Pemerintah memfokuskan pembangunan sumber daya manusia untuk mempersiapkan Indonesia menghadapi tantangan dan peluang masa depan. Bahkan pemerintah telah menyiapkan sebanyak 368 ribu beasiswa di tahun ini.

    Menurut Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Yanuar Nugroho komitmen pemerintah dalam pembangunan manusia, dengan menganggarkan tidak kurang dari Rp 375 Triliun pada tahun 2018.

    “Ini peningkatan sebesar 26 persen dan merupakan anggaran tertinggi sejak 4 tahun terakhir. Sebesar 17 persen dialokasikan untuk Kesehatan, 40 persen untuk Pendidikan, dan 43 persen untuk Perlindungan Sosial,” paparnya dalam Dialog Publik 4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK dengan tema ‘Peluang dan Tantangan Generasi Muda Menghadapi Revolusi 4.0’ di auditorium Universitas Negeri Gorontalo, Selasa (29/01/2019).

    Dihadapan 500 mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo, Yanuar menyatakan pemerintah juga meningkatkan jumlah penerima beasiswa dari 196 ribu menjadi 368 ribu di tahun 2018 dan pemberian tunjangan profesi kepada 210 ribu guru non-PNS untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru. Di tahun 2016, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) baru dilakukan di 500 sekolah, tahun 2018 sudah di 188 ribu sekolah.

    Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kantor Staf Presiden dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai bagian dari kegiatan diseminasi capaian Pemerintahan Jokowi-JK di Provinsi Gorontalo. Dalam diskusi publik ini, para peserta menyaksikan paparan tentang capaian saat ini dan tantangan masa depan Indonesia.

    Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Septriana Tangkary mengatakan saat ini Indonesia sudah menapaki era Revolusi Industri 4.0. 

    "Ini ditandai dengan serba digitalisasi dan otomasi aspek kehidupan masyarakat. Namun, belum semua elemen masyarakat menyadari konsekuensi logis atau dampak dari perubahan-perubahan yang ditimbulkannya," jelasnya.

    Hadir juga dalam dialog publik ini Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih, dan Wakil Rektor I Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Ir. Mahludin H Baruwadi.

    Tahun 2045 penuh tantangan baru lalu pemanfaatan peluang dan antisipasi menuntut sikap kritis serta dialog dan ko-kreasi pemerintah dan publik multak terjadi. “Tidak ada ceritanya pemerintah kerja sendirian, pemerintah perlu bekerja sama dengan berbagai pihak,” kata Yanuar.

    Menanggapi hal tersebut, Gati Wibawaningsih menjelaskan bahwa Kementerian Perindustrian telah membentuk program start-up. “Kami adakan kompetisi dan di tahun 2020 kita bekerja sama dengan Pemerintah Swiss untuk mengembangkan start-up tersebut,” paparnya. “Pemerintah akan terus berkoordinasi untuk memajukan negeri ini,” tambahnya.

    Pemerintah telah mempersiapkan peta jalan atau road map berjudul Making Indonesia 4.0, yaitu strategi Indonesia memasuki era digital saat ini. “Presiden Jokowi berharap sektor industri 4.0 ini dapat menyumbang penciptaan lapangan kerja lebih banyak serta investasi baru yang berbasis teknologi,” jelas Septriana.

    Sebagai penanggap, Bupati Nelson Pomalingo berpesan kepada para mahasiswa yang hadir bahwa di era digital ini, generasi muda harus kreatif, inovatif, dan berkarakter. “Hal yang harus adik-adik lakukan adalah belajar, belajar, belajar,” jelasnya.

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Pemerintah Akan Berikan Tambahan BPNT Tahap 2

    Kemensos RI memberikan klarifikasi melalui akun Instagram resmi @kemensosri, ternyata tidak pernah membuat tautan terkait pendaftaran maupun Selengkapnya

    Awas Hoaks! Bantuan Dana Peserta BPJS Kesehatan

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata informasi bantuan dana Rp125 juta untuk peserta BP Selengkapnya

    Jangkau Masyarakat, Pemerintah Terapkan Nilai 3E+1N dalam Kemasan Informasi

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo mengajak perwakilan lembaga pemerintah untuk memanfaatkan Komunitas Sohib yang telah dibentuk dibawah platfor Selengkapnya

    [Berita Foto] Kominfo Siapkan 6.000 Beasiswa Nongelar DTS-FGA 2023

    Lewat Program Digital Talent Scholarship Fresh Graduate Academy, Kementerian Kominfo menargetkan 6.000 peserta bisa mengikuti 12 tema pelati Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA