FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 02-2019

    853

    Resmi Diluncurkan, Satelit Nusantara Satu Mulai Beroperasi April 2019

    Kategori Sorotan Media | daon001

    SOLO, solotrust.com – Satelit Nusantara Satu resmi diluncurkan secara langsung dari Stasiun Angkatan Udara Cape Caneveral, Florida, Amerika Serikat, Kamis (21/2/2019) pagi waktu setempat. Satelit ini akan beroperasi mulai April mendatang.

    Direktur Utama PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Adi Rahman Adiwoso mengatakan, Satelit Nusantara Satu ini akan disewa oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

    Hal ini sesuai dengan target BAKTI untuk memberikan fasilitas dan kebutuhan internet di wilayah yang tidak terjangkau kabel serat optik.

    BAKTI akan menggunakan layanan satelit PSN ini selama lima tahun ke depan sambil menunggu diselesaikannya Satelit Multifungsi Pemerintah yang ditargetkan selesai pada tahun 2023.

    Direktur Utama BAKTI Kominfo Anang Latif menuturkan, ini merupakan upaya menyediakan kapasitas satelit lebih awal sembari menunggu konstruksi Proyek KPBU (Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha) Satelit Multifungsi.

    "Sembari menunggu penyelesaian Satria (Satelit Indonesia Raya) yang ditargetkan selesai 2020, kita menyediakan akses internet cepat untuk kebutuhan layanan pendidikan, kesehatan dan pertahanan keamanan dengan kerja sama ini," ungkapnya belum lama ini.

    Satelit Nusantara Satu memiliki kapasitas 26 transponder C-band dan 12 transponder Extended C-band. Selain itu, juga terdapat 8 spot beam Ku-band dengan total kapasitas bandwidth mencapai 13,6 Gbps. Area cakupan dari satelit ini mencapai seluruh wilayah di Tanah Air.

    (way)

    Sumber berita : solotrust.com

    Berita Terkait

    Kemenkominfo Luncurkan Seleknas TIK 2020

    JAKARTA, investor.id - Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) resmi Selengkapnya

    Menkominfo Pastikan Regulasi IMEI Berlaku 18 April

    Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah berdiskusi dengan kementerian terkait dan operator seluler untuk memastikan regulasi mengenai I Selengkapnya

    Kemenkominfo gelar Seminar Merajut Nusantara Pererat Persatuan di Banjarnegara

    Selengkapnya

    Pemkab Bekasi-Kemkominfo Akan Bangun Pusat Data Skala Internasional

    Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan membangun pusat data berskala nasi Selengkapnya