FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 06-2019

    1445

    Hoaks Perampasan dan Pembakaran Logistik Pemilu 2019 di Nduga

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Usai penetapan perolehan suara dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum, ternyata masih beredar kabar hoaks yang berkaitan dengan Pemilihan Umum Serentak 2019. Beredar kabar hoaks melalui media sosial mengenai logistik Pemilu 2019 di Nduga. Konon dikabarkan adanya perampasan dan pembakaran logistik Pemilu oleh kelompok bersenjata. 

    Plt Kabiro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu menyatakan, setelah ditelusuri lebih lanjut oleh Kepala Penerangan Daerah Militer XVII Cenderawasih Kolonel Inf. Muhammad Aidi, kabar tersebut tak benar. 

    "Beliau (Muhammad Aidi) yang dihubungi melalui sambungan telepon, membantah hal itu," kata Ferdinandus di Jakarta, Senin (03/06/2019).

    Berdasar keterangan dari Muhammad Aidi, bahwasanya kondisi infrastruktur telekomunikasi di sebagian besar wilayah Nduga, belum memadai. Sehingga informasi tersebut belum bisa dipercaya kebenarannya. 

    "Seluruh logistik dari hasil pelaksanaan pemilu di Nduga, sudah berada di Kota Jayapura menggunakan helikopter," tambahnya.

    Kabar hoaks lainnya seputar Pilpres 2019. Sebuah video beredar luas dengan narasi, "Rapat Pleno C1 di Kecamatan Plumbon, Cirebon berlangsung tertutup, saksi 02 dilarang masuk." Namun faktanya, menurut Ketua PPK Kecamatan Plumbon, Rahmat Saeful Anwar mengklarifikasi, para saksi dari semua partai politik sudah di dalam GOR dan sama sekali tidak dipersulit.

    Berikut rincian lengkap laporan isu hoaks harian untuk tanggal 3 Juni 2019 dari Tim AIS Kementerian Kominfo:

    1. Klarifikasi Polisi Thailand Atas Kekerasan Yang Terjadi di Kampung Bali

    2. Minuman Soft Drinks dapat menyebabkan Batu Ginjal

    3. Perampasan Dan Pembakaran Logistik Pemilu 2019 di Nduga

    4. Gudang Senjata Israel Meledak

    5. Meminum Air Kemasan Dari Kemasan Kaleng Harus Menggunakan Gelas

    6. Tokoh Batman Asli adalah Dewa yang Disembah Suku Maya.

    7. Rapat Pleno C1 Kecamatan Plumbon Cirebon Berlangsung Tertutup Saksi Kubu 02 Dilarang Masuk

    8. Hayley Williams Meninggal Dunia

    9. London Menutup 500 Gereja dan Membuka 423 Masjid Baru

    10. Kebakaran di Pasar Kelapa Cilegon **

    Berita Terkait

    Awas Hoaks Mobilisasi Taruna STIN dalam Pemilu 2024!

    STIN menegaskan mereka hanya melaksanakan hak konstitusional dan menggunakan hak pilihnya, bukan melakukan operasi intelijen seperti yang di Selengkapnya

    KPU Tak Lagi Keluarkan Undangan Fisik untuk Pemilih? Itu Hoaks!

    Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan pesan berantai yang beredar yang menyebut KPU tidak memberikan undangan fisik untuk mencoblos adalah Selengkapnya

    Awas Hoaks! Hasil Perolehan Sementara Pilpres 2024 Dapil Luar Negeri

    Hasyim Asyari menegaskan pemungutan suara di luar negeri memang dilakukan lebih awal, namun penghitungan suara di luar negeri dilakukan bers Selengkapnya

    Cincin Perusak Kertas Suara Pemilu 2024? Itu Hoaks!

    Gambar tersebut adalah hoaks lama yang pernah beredar pada Pemilu 2019 dan kembali beredar menjelang Pemilu 2024. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA