FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 06-2019

    413

    Hoaks! Menag Lukman Hakim Meninggal

    KategoriBerita Kementerian | mth

    Jakarta – Kabar hoaks kembali menerpa tokoh atau figur publik. Kali ini Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin dikabarkan meninggal. Konten hoaks itu tersebar di media sosial Facebook dalam bentuk foto seorang pria dalam posisi tertidur dan diiringi narasi duka cita. Foto tersebut bernarasi, “Innalillahi wainna ilaihi rajiun telah meninggal dunia hari ini pukul 13:05 WIB di IGD RSUD Abdul Rivai Kalimantan Timur Bapak Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama RI”. 

    Konten unggahan itu juga mencantumkan tautan dari blog cpn-news.blogspot.co.id. Namun setelah ditelusuri bontangpost.id, blog tersebut mengutip kabar duka dari akun Twitter Fadli Zon.

    “Tidak benar, tulisan itu terdapat tangkapan layar foto cuitan Pak Fadli Zon di Twitter. Menag (Lukman Hakim) memang tersengat ikan pari saat sedang berlibur ke Berau. Tapi kalau kabar (meninggal) itu hoaks,” kata Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Ferdinandus Setu di Jakarta, Jum’at (14/06/2019).

    Ferdinandus membenarkan adanya fakta, Menteri Agama Lukman Hakim yang sempat dilarikan ke Rumah Sakit. Politikus PPP itu mendapat perwatan karena tersengat ikan pari saat sedang berlibur. 

    “Beliau sempat dilarikan ke rumah sakit dan mendapat perawatan sebelum akhirnya balik ke Jakarta. Tapi kondisi pak Lukman baik-baik saja,” imbuhnya. 

    Kabar hoaks lainnya ditemukan foto tangkapan layar berita yang bersumber dari  Liputan6.com. juga disertai dengan narasi " China Tak Lagi" Silent Operation" untuk kuasai wilayah RI Spionase Reportase: Pemerintah Jokowi mengapresiasi rencana China membangun 500 bandara di seluruh wilayah Indonesia. 

    Dari Bandara besar, menengah, hingga bandara pelosok sudah menjadi target Tiongkok untuk kuasai seluruh sektor ekonomi, bisnis dan pertahanan china di Indonesia. Namun faktanya, kabar tersebut hanya hoaks belaka.

    “Berita itu dari Liputan6.com, artikel yang benar itu berjudul “Tiongkok gelontorkan Rp. 2000 Triliun bangun bandara baru. Tiongkok akan membangun 500 bandara barunya di negara Tiongkok, bukan di Indonesia,” jelas Ferdinandus.

    Berikut rincian lengkap laporan isu hoaks harian untuk tanggal 14 Juni 2019 dari Tim AIS Kementerian Kominfo:

    1. Menag Lukman Hakim Saifuddin Meninggal Setelah Disengat Ikan Pari

    2. Pesan Horor Gejala Serangan Jantung

    3. Pemilihan Abang None Jakarta Digantikan Menjadi Koko Cici Jakarta

    4. Makan Telur Dibarengi Dengan Minum Susu Berbahaya!

    5. Situng KPU Tetap di Posisi 97% untuk Berjaga-Jaga Apabila MK Memenangkan 02

    6. Polisi Menangkap Pencuri Jantung Pisang

    7. Kecelakaan Karambol Karena Contra Flow di Tol Semarang

    8. China Akan Membangun 500 Bandara di Seluruh Wilayah Indonesia

    9. Nias Selatan Makin Hancur Seluruh ASN Ciuman Massal

    10. China Airlines Sudah Beroperasi ke Makassar

    11. Kebakaran di RSUD Dokter Soetomo Surabaya

    12. Lion Air Memiliki Utang Kepada Boeing dan Airbus Sebesar Rp 614 Triliun

    13. Di Bandara Terminal 3 Soekarno Hatta Sudah Terpasang Kilat China Airline, Selamat Datang Cina di Indonesia.

    14. Kuburan Mengeluarkan Darah di Balikpapan **

    Berita Terkait

    Hoaks, Seorang Jagal Meninggal Ditendang Sapi Kurban!

    Beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan seorang pria meninggal dunia setelah ditendang sapi kurban. Peristiwa yang menimpa Selengkapnya

    Beredar Hoaks Penjual Bensin Eceran Didenda Rp30 Miliar

    Sebuah konten unggahan di media sosial menyajikan informasi yang salah mengenai kebijakan dari PT. Pertamina. Perusahaan plat merah tersebut Selengkapnya

    Hoaks Pinjaman Online Fintech Gunakan Data Unicorn Indonesia

    Beredar kabar hoaks di media sosial facebook tentang dua Unicorn milik Indonesia yakni, Gojek dan Traveloka. Unggahan konten tersebut menara Selengkapnya

    Hoaks! Surya Paloh Temui Jokowi Minta Jabatan Jaksa Agung

    Sejak ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih Periode 2019-2024 oleh KPU, banyak beredar informasi hoaks mengenai susunan Ka Selengkapnya