FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 07-2019

    285

    Penghargaan dan Apresiasi Layanan Informasi Mudik untuk 12 K/L dan BUMN

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Jakarta, Kominfo - Bersama Kantor Staf Presiden dan Komisi Informasi Pusat, Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan penghargaan kepada 12 kementerian, lembaga dan BUMN yang memberikan informasi yang informatif, inovatif, dan responsif, terhadap masyarakat pengguna layanan mudik 2019. 

    "Dengan adanya penghargaan ini, semoga ke depan pelaksanaan mudik semakin baik," ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti, di Gedung Bina Graha Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2019).

    Menurut Sekjen Kementerian Kominfo, informasi yang menjadi kunci dari penyelenggaraan mudik yang makin baik. "Dulu kita pernah mengalami pengelolaan arus mudik yg sampai menimbulkan korban jiwa krn kelemahan dalam mengelola dan mengolah  informasi tentang mudik," ungkapnya.

    Enam lembaga/BUMN yang meraih penghargaan dari KIP adalah Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, BMKG, PT Jasa Marga, PT Pertamina, dan PT Kereta Api Indonesia. Sedangkan enam lainnya yang mendapatkan piagam apresiasi adalah PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, PT ASDP Indonesia Ferry, Korlantas Polri, Pelindo III, dan PT Pelni. 

    Penghargaan diberikan oleh Sekjen Kominfo Niken Widiastuti, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Ketua KIP Gede Narayana. 

    “Saya sampaikan selamat kepada para pemenang penghargaan. Saya mengapresiasi sejumlah Kementerian, Lembaga, BUMN, yang menunjukkan kinerja luar biasa dalam melaksanakan perintah Presiden: Pelaksanaan mudik yang makin baik. Mudah-mudahan tahun depan tidak hanya 12 lembaga, tetapi lebih banyak lagi,” kata Moeldoko dalam sambutannya. 

    Penilaian terhadap penghargaan dilakukan oleh KIP, KSP, dan Kominfo melalui survei, monitoring lewat portal infomudik.go.id, dan kunjungan lapangan. Penganugerahan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas informasi arus mudik lebaran di tahun berikutnya bagi lembaga-lembaga publik yang melayani arus mudik. 

    Sejak tahun 2018, portal info mudik dikembangkan untuk menjadi panduan pemudi akan fasilitas umum di sepanjang jalur mudik non tol lainnya. Tahun ini kanal yang disajikan infomudik.go.id pun semakin lengkap dan memenuhi kebutuhan pemudik diataranya adalah informasi jalur mudik terbaik yang berkerjasama dengan Google Indonesia, Tur Trans Jawa yang berisi informasi kuliner dan tempat wisata di sepanjang jalur mudik, informasi lokasi top up kartu tol, live streaming jalur mudik, lokasi SPBU, informasi cuaca oleh BMKG, berita penting termasuk informasi satu arah, penutupan jalan, perubahan arah lalu lintas,  informasi mudik gratis serta pojok anak.  (AWN/*)

    Berita Terkait

    Sekjen Kominfo Apresiasi Dukungan Uni Eropa untuk Pelindungan Data Pribadi di Indonesia

    Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti menyampaikan apresiasi atas komitmen dan dukungan Uni Selengkapnya

    Penyederhanaan Birokrasi, Pranata Humas Jadi Pilihan

    Kebijakan Presiden Joko Widodo untuk menyederhanakan birokrasi, membuat kedudukan jabatan fungsional termasuk Jabatan Fungsional Pranata Hum Selengkapnya

    Negara Jamin Penggunaan dan Pengelolan Data Pribadi sesuai Aturan

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong setiap orang menyadari nilai penting data pribadi. Sementara, guna menjamin penggunaan dan Selengkapnya

    Dukung Pengembangan Platform Digital, Menkominfo Apresiasi Privasi Terbaru Whatsapp

    Pemerintah mendukung perkembangan platform digital dan layanan pesan instan di Indonesia serta mendorong penggunaan yang tepat oleh masyarak Selengkapnya