FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 08-2019

    893

    Kominfo Gandeng Bukalapak Dukung Program UMKM Go Online

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo -  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menggandeng Bukalapak untuk pelaksanaan Program UMKM Go Online yang ditargetkan bisa berkolaborasi mendigitalkan 8 juta UMKM di Indonesia. 

    “Kolaborasi dengan Bukalapak dalam program UMKM Go Online menjadi salah satu komitmen kami untuk mendigitalisasikan sekitar delapan juta UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Sekretaris Ditjen Aptika Kementerian Kominfo, Sadjan, dalam acara Penandatanganan PKS dan peluncuran QRIS untuk Mitra Bukalapak, di Kuningan Jakarta, Rabu (21/08/2019).

    Dalam sambutannya, Sesditjen Sadjan memaparkan tiga kerja Ditjen Aptika untuk mendorong transformasi digital pada pemerintahan, sektor bisnis, dan masyarakat. “Pemerintah sangat menyadari pentingnya transformasi digital untuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mendukung pengembangan ekonomi digital,” jelasnya.

    Mengenai kolaborasi dengan Bukalapak, Sadjan menjelaskan pihaknya akan memberikan pendampingan dan sosialisasi kepada relawan Pandu Digital yang akan turun ke pasar-pasar dalam kegiatan Grebeg Pasar. 

    "Targetnya membina para pelaku UMKM agar mereka memahami pentingnya usaha online untuk dapat  mengembangkan bisnis lebih luas, transaksi lebih cepat, efektif dan efisien. Hasil akhir yang diharapkan tidak lain dan tidak bukan ialah untuk meningkatkan ekonomi rakyat,” tutur Sadjan.

    QRIS Untuk 1000 Mitra Bukalapak

    Dalam acara itu juga berlangsung peluncuran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) bagi 1000 mitra Bukalapak. QRIS sendiri merupakan sebuah QR Code pembayaran yang dapat diakses menggunakan seluruh penerbit uang elektronik berbasis server online, seperti DANA, LinkAja, Gopay, dan OVO.

    Chief Financial Officer Bukalapak, Natalia Firmansyah menjelaskan pada tahap awal, Bulalapak akan mengimplementasikan QRIS untuk 1000 Mitra Bukalapak. 

    "Mitra-mitra warung, kios tambal ban, para penjual makanan seperti gerobak cilor, bakso ketoprak dan lainnya sekarang tidak hanya berjualan secara tradisional saja. Namun ikut mengadopsi teknologi dalam praktik bisnisnya. Menyusul, kami akan berupaya agar lebih dari 2 juta Mitra Bukalapak di seluruh Indonesia dapat bergabung,” jelasnya.

    Menurut Natalia, dengan  melanjutkan langkah itu sekaligus sebagai upaya akselerasi pengembangan masyarakat inklusif di Indonesia. "Penerapan QRIS dapat memperlancar sistem pembayaran non tunai secara aman dan lancar dan memberikan berbagai kemudahan bagi seluruh masyarakat Indonesia," jelasnya.

    Dari hasil survei awal Bukalapak, penerapan QRIS memungkinkan Mitra Bukalapak mendapat tambahan penghasilan rata-rata 10%. Kemudahan pembayaran e-wallet dirasakan langsung oleh para pelanggan warung.

    “Terlebih lagi, pembayaran non-tunai yang diterima dapat langsung digunakan sebagai modal usaha karena aplikasi Mitra Bukalapak juga menyediakan kebutuhan usaha mereka,” jelas Natalia.

    Sementara itu, Head of Project Management Office Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Indonesia (SNKI), Djauhari Sitorus, mendukung penuh upaya yang dilakukan Bukalapak. Menurutnya, QRIS merupakan sistem pembayaran yang modern dan efisien, serta mudah diadopsi UMKM.

    “Seiring langkah kami dalam program kerja keuangan inklusif, kami berharap Bukalapak dapat terus mendukung pemerintah untuk memperluas daya jangkau QRIS ke seluruh pelosok Indonesia,” ujarnya.

    Sumber: aptika.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Pertandingan Piala Dunia U-17

    Gelaran itu menjadi salah satu peluang untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam kancah global. Selengkapnya

    Kominfo Jajaki Kerja Sama dengan Stanford University untuk Program DLA

    Program DLA menargetkan seluruh pimpinan pemerintahan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), perusahaan swasta ( Selengkapnya

    Kominfo Buka Empat Pelatihan Daring Gelombang I untuk ASN

    Pelatihan itu diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang perangkat komputer, aplikasi perkantoran hingga kesadaran mengenai keamanan in Selengkapnya

    Kominfo Gandeng TNI-AL Tingkatkan Sinergi Dukungan Data dan Informasi

    Kerja sama dengan TNI AL merupakan momentum yang sangat baik untuk saling mendukung ketersediaan data dan informasi. Mengingat kerjasama ter Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA