FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 09-2019

    3715

    Industri Kerajinan Jadi Penyokong Perekonomian Indonesia

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003
    Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla membuka secara resmi Pameran Kriya Nusa 2019 ditandai dengan pemukulan gendang pasak di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (11/09/2019). - (DPS)

    Jakarta, Kominfo- Industri kerajinan mempunyai peran strategis bagi perekonomian Indonesia. Pasalnya industri itu tumbuh dan berkembang seiring dengan dinamika keseharian masyarakat sehingga dapat menjadi penyokong ekonomi Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla dalam Pembukaan Pameran Kriya Nusa 2019 di Balai Kartini Jakarta, Rabu (11/09/2019).

    “Industri kerajinan memiliki peranan yang cukup strategis bagi perekonomian Indonesia karena secara historis keberadaannya dekat dengan keseharian kehidupan rakyat Indonesia. Industri kerajinan merupakan bagian dari ekonomi kreatif kreatif yang pertumbuhannya sangat cepat, berkembang hampir di seluruh pelosok tanah air, mulai dari skala kecil (mikro) sampai menengah,” ungkap Mufidah.

    Menurut Mufidah Jusuf Kalla produk kerajinan bisa menjadi andalan mata pencaharian terutama pemanfaatan sumber daya setempat dan pengembangan kreatifitas lokal. ”Untuk itu, Dekranas dan Deskranasda bersama instansi terdekat telah melakukan upaya pembinaan dan pengembangan produk kerajinan dengan tujuan meningkatkan daya saingnya diharapkan produk kerajinan semakin maju untuk menembus pasar global,” ujarnya.

    Keragaman budaya Indonesia, menurut Ibu Wakil Presiden menjadi inspirasi bagi perkembangan produk kerajinan. "Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab kita untuk bersama terus menjaga menggali dan mengembangkan dan sekaligus memperkaya kreatifitas produk kerajinan Indonesia yang bersumber pada tradisi dan seni budaya Indonesia sendiri,” ujar Mufidah Jusuf Kalla.

    Menurut Ketua Dekranas, kegiatan Dekranas Award 2019 memiliki arti penting dalam dalam menodorong pembinaan kepada perajin yang ada di seluruh Indonesia. Demikian pula dengan Penyerahan Dekranas Award 2019 yang diberikan kepada para Pembina Teladan Terbaik dan Karya Kriya Terbaik 2019 seluruh Indonesia.

    "Untuk memotivasi para pembina yaitu Dekranasda Provinsi yang berkoordinasi dengan Dekranasda Kabupaten/kota dalam melakukan pembinaan kepada para perajin di daerahnya sehingga diharapkan dapat mengembangkan produk unggulan, sementara Dekranas Award Kriya Nusa Terbaik diharapakn dapat memotivasi para perajin, produsen, designer untuk mengembangkan kriya Indonesia yang berkualitas sempurna, inovatif, berorientasi pasar yang berbasis pada budaya dan tradisi kebudayaan lokal,” ungkap Ketua Umum Dekranas.

    Pembukaan Pameran Kriya Nusa 2019 dalam rangka HUT Dekranas ke-39 dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Pameran ini diselenggarakan Dekranas secara berkala dan tahun ini merupakan penyelenggaraan yang keempat. Tahun ini, Pameran Kriya Nusa 2019 mengambil tema Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreativitas dan Kewirausahaan.  (dps)

    Berita Terkait

    Dorong Penguatan Industri Teknologi Lokal, Presiden Resmikan Indonesia Digital Test House

    Sebagai fasilitas pengujian perangkat berstandar internasional, IDTH adalah yang terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara. Dengan investasi Selengkapnya

    Inilah Lima Strategi Pemerintah Mitigasi Penanggulangan Bencana

    Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan 5 strategi dalam mitigasi bencana. Selengkapnya

    Semboyan Kemajemukan Sulut Sejalan dengan Prinsip Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

    Semboyan “Torang Samua Basudara”, betul-betul dijadikan semangat untuk mendorong pembangunan daerah oleh seluruh masyarakat dan jajaran Selengkapnya

    Presiden Tegaskan Potensi Demografi dan Tantangan Indonesia

    Menurut Presiden, Indonesia memiliki kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan baik karena 68 persen penduduknya berada dalam rentang usia p Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA