FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 01-2020

    8382

    Tips Mudah Hemat Baterai Ponsel Saat Banjir

    Kategori Sorotan Media | meit001

    Jakarta - Dalam kondisi terjadinya bencana, seperti salah satunya banjir pada saat ini, pasokan listrik akan sulit dan sangat terbatas. Bagi kalian yang punya smartphone, tentu harus pintar-pintar menghemat baterai.

    Selain memanfaatkan powerbank, ada tips mudah yang kalian bisa lakukan agar baterai di ponsel kalian tidak berubah berwarna merah alias lowbat. Apa saja tipsnya?

    Tips ini disampaikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Setidaknya ada sembilan langkah kiat-kiat hemat baterai pada saat banjir. Di antaranya sebagai berikut:

    1. Ubah mode power saving
    2. Aktifkan airplanet mode
    3. Pakai mode silent, jangan getar
    4. Batasi aplikasi di layar backrground
    5. Simpan daya layar dengan sering menguncinya
    6. Pakai mode wallpaper gelap
    7. Matikan notifikasi, auto-sync, & geotag
    8. Pakai aplikasi versi lite
    9. Jangan lupa charge powerbank saat menemukan listrik

    Sampai Rabu malam, dikatakan Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo Ahmad M. Ramli, banjir menerjang sejak Rabu (1/1) masyarakat bisa menggunakan layanan seluler untuk berkomunikasi, meskipun di saat bersamaan, sejumlah Base Transceiver Station (BTS) di site tersebut mati.

    Pada saat itu, operator seluler langsung mengerahkan mobile backup power atau genset portable untuk menghidupkan site yang mati pascabanjir menerjang Jabodetabek.

    Terhitung hingga hari ini, Minggu (5/1) pukul 14.00 WIB, data site yang masih mati tinggal 151 lagi atau 0,7% dari jumlah site eksisting di Jabodetabek yang mencapai 22.867.

    "Saat ini, site terdampak sudah dapat dipulihkan, dari semula 2.330 yang down dan tidak berfungsi, kini hanya tinggal 151, artinya tinggal 0,7% yang masih down," ujar Ramli saat dihubungi detikINET.

    Berita Terkait

    Yayasan BAKTI Kominfo Salurkan Bantuan Paket Data kepada Korban Banjir

    Yayasan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia memberikan sejum Selengkapnya

    Yayasan BAKTI Kominfo Salurkan Bantuan Paket Data kepada Korban Banjir

    Yayasan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia memberikan sejum Selengkapnya

    5 Proposisi Indonesia soal Keamanan Data di Pertemuan G20

    Pemerintah Indonesia menyerukan kedaulatan dan keamanan data dalam pertemuan puncak dari rangkaian pertemuan G20 Digital Economy Ministerial Selengkapnya

    Kominfo Pantau Pemulihan Jaringan Telekomunikasi Pascabanjir

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika terus memantau pemulihan jaringan telekomunikasi di wilayah Jakarta, Depo Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA