FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 05-2020

    179

    Hadapi Covid-19, Pemerintah Ajak UMKM Gabung Platform Digital

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Fotografer memotret produk makanan di Jalan Hiu Putih, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Senin (27/4/2020) malam. Kegiatan jasa foto dan video produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara gratis tersebut guna mendukung dan membantu pelaku usaha dalam memasarkan produknya yang terdampak akibat pandemi Covid-19. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo -  Guna meringankan dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 atau Virus Corona, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengajak para pelaku Usaha Mikro Kelas Menengah (UMKM) untuk bersama-sama bergabung dalam platform penjualan secara online atau digital.

    “Gerakan #BanggaBuatanIndonesia untuk #BeliProdukIndonesia ini merupakan upaya mendorong penjualan produk ekonomi kreatif atau produk UMKM lainnya ke platform online. Langkah-langkah sekarang kita mulai promosikan ini, kerja sama semua lintas kementerian, ini semua pemain-pemain di dalam UMKM, pemerintah memfasilitasi untuk bisa semua masuk di dalam online ini,” kata Menko Luhut usai peresmian Gernas oleh Presiden Joko Widodo melalui konferensi video, Kamis (14/05/2020).

    Dalam hal ini, Menko Luhut menjelaskan bahwa UMKM sendiri merupakan pilar dari perekonomian di Indonesia, serta memiliki peran penting akan hal itu. Oleh sebab itu, dirinya berharap semua UMKM dapat bergabung bersama-sama memajukan kualitas serta produk Indonesia.

    “Ayo ajak teman-teman yang lain, buatlah brand yang bagus, anda bisa juga jadi pengusaha yang sangat terkenal dengan memanfaatkan platform ini. Pemerintah memberikan pelatihan dan pemerintah juga memberikan 34,1 T yang diberikan kepada UMKM ini. Orang Inggris bilang “chances never come twice”, kesempatan tidak datang dua kali, jadi Bapak Ibu ayo kita sungguh-sungguh, lakukan, manfaatkan, buat produk-produk Indonesia, cinta produk-produk Indonesia, kita beli produk Indonesia. Itu semua saya pikir hebat,” tegas Menko Luhut.

    Sebagai ketua Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), Menko Luhut mengaku senang sekali dengan adanya platform ini, di mana sejalan dengan perintah Presiden yakni gunakan produk-produk dalam negeri.

    “Semua kita kerja dengan tim, semua kita gotong royong, semua kita bangga buatan Indonesia dan semua kita beli buatan Indonesia,” ungkapnya.

    Gabungnya UMKM ke platform digital/ online, lanjut Menko Luhut, juga memperkuat daya saing Indonesia terhadap negara-negara lain. Indonesia akan semakin diperhitungkan di mata dunia.

    “Artinya kita mulai melihat negara-negara kita masing-masing, supaya kuat. Tidak berarti kita lepas dari negara lain, tapi kita harus lihat dulu dari dalam negeri kita, perkuat dulu bangsa kita, Indonesia negara kaya, negara hebat, kalau kita satu, kita akan hebat. Ayo bela Indonesia, beli buatan Indonesia, bangga jadi orang Indonesia,” pungkas Menko Luhut.

    Adapun industri digital yang mendukung Gernas antara lain Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, Gojek, dan Grab.  Hadir dalam acara peluncuran secara daring tersebut antara lain adalah Presiden Joko Widodo; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki; Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate; Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita; Menteri Perdagangan Agus Suparmanto; Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo; Kepala LKPP Roni Dwi Susanto; Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Ignatius Untung; serta perwakilan pengusaha UMKM.

    Berita Terkait

    Lembaga Penyiaran Perlu Lakukan Transformasi Digital

    Pandemi Corona Virus Disease-2019 (Covid-19) memberi dampak di seluruh sektor, termasuk industri penyiaran. Untuk itu, lembaga penyiaran dih Selengkapnya

    Optimasi Belanja Pemerintah Bantu Pulihkan Ekonomi Nasional

    Komponen Belanja Pemerintah berupa Belanja Modal dan Belanja Barang pada semua Kementerian/Lembaga (K/L) diharapkan mengalami peningkatan gu Selengkapnya

    Pemerintah Ajak Pemda Perkuat Komitmen Tangani Pandemi Covid-19

    Menyikapi situasi pandemi Covid-19 yang belum usai, Pemerintah kembali memperkuat komitmen untuk lebih bekerja keras menangani wabah virus y Selengkapnya

    Pemimpin ASEAN dan ASEAN-BAC Dukung Penguatan Ekonomi Digital

    Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikan, Indonesia bersama Pemimpin ASEAN lainnya menyambut baik rekomendasi ASEAN-BAC untuk pemuli Selengkapnya