FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 08-2020

    1960

    Menkominfo Sebut Isu Hoaks Covid-19 Jumlahnya Capai 1.016

    Kategori Sorotan Media | meit001
    Ilustrasi hoaks pandemi virus corona, Covid-19 - (SHUTTERSTOCK/MARTA DM)

    Hal ini Johnny sampaikan saat bicara tentang pentingnya memanfaatkan ruang digital untuk konten-konten bermanfaat.
     
    "Saat Covid ini ada 1.016 isu hoaks Covid yang tersebar di 1.912 platform digital, ada empat platform digital besar. Isunya luar biasa," kata Johnny dalam audiensi virtual bersama KompasGramedia Grup, Rabu (5/8/2020) malam. 
     
    Dari ribuan konten hoaks yang ada, Kominfo telah menurunkan atau take down 1.559 konten. Sehingga, masih tersisa 253 konten.
     
    Johnny menyebutkan, tidak mudah untuk membersihkan berbagai platform dari hoaks, karena pihaknya harus berkomunikasi langsung dengan pemilik platform.
     
    "Itu tidak mudah untuk berkomunikasi dengan CEO-CEO di United States untuk membersihkan platform-platform," ucap Johnny Plate.
     
    Menurut Johnny, menjaga konten ruang digital tidak hanya penting dilakukan pada isu-isu yang terkait Covid-19, tapi juga berbagai hal lain seperti gelaran pemilihan kepala daerah (pilkada).
     
    Dengan dimulainya tahapan Pilkada 2020, kata Johnny, harus dipastikan bahwa konten-konten yang ada dalam berbagai ruang digital tak bertentangan dengan demokrasi.
     
    "Jangan sampai pemanfaatan ruang digital selama masa kampanye digunakan justru untuk hal-hal yang bertentangan antiklimaks demokrasi kita," ujar Johnny.
     
    "Kita punya tanggung jawab sama-sama untuk menjaga konten di dalam ruang digital khususnya yang terkait dengan Pilkada 2020 ini," tuturnya.
     
    Penulis: Fitria Chusna Farisa
    Sumber: Kompas.com

    Berita Terkait

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo: Informasi Vaksin Covid akan Disampaikan Akurat

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, informasi terkait kedatangan vaksin akan disampaikan kepada masyarakat secara Selengkapnya

    Menkominfo Umumkan Lima Juru Bicara Vaksin Covid-19. Siapa Saja?

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengumumkan lima juru bicara baru untuk penanganan Covid-19. Penunjukkan jur Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA