FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 11-2021

    989

    Aliansi Dokter Dunia Nyatakan Varian Delta Tidak Ada, Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Di media sosial Facebook beredar konten unggahan video yang mengklaim bahwa aliansi dokter dunia menyatakan bahwa varian Delta (India) tidak ada.

    Konon, dalam unggahan tersebut juga menyertakan video pendukung yang berisikan data bahwa varian Delta tidak banyak berarti yang berdampak di dunia nyata dan menyebutkan bahwa varian Delta hanya merupakan politik ketakutan untuk merampas kebebasan. 

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari kompas.com, klaim bahwa aliansi dokter dunia menyatakan bahwa varian Delta (India) tidak ada adalah tidak benar.

    Epidemiolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Bayu Satria Wiratama mengatakan virus Covid-19 varian Delta benar-benar ada.

    “Varian itu pada awalnya ditemukan di India, hanya penamaannya saja yang diganti sehingga tidak terikat suatu negara,” ungkapnya.

    Berkaitan dengan data yang disajikan oleh pembuat video, Bayu mengatakan datanya memang benar, tapi interpretasi dari data itu salah.

    “Data itu tidak menunjukkan varian Delta tidak ada. Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Public Health England (PHE) melaporkan bahwa varian Delta menyumbang sekitar 99 persen dari kasus berurutan dari 27 Juni hingga 3 Juli 2021,” jelas.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Jumat  (19/11/2021):

    [HOAKS] Aliansi Dokter Dunia Menyatakan Varian Delta Tidak Ada

    [DISINFORMASI] Jalan Wisata Gunung Bromo Amblas

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Wakil Wali Kota Samarinda Dr. H. Rusmadi Wongso

    [DISINFORMASI] Judul Artikel Berita detiknews “Pas Saya Mimpin Hampir Seluruh Rakyat Jadi Gila”

    Berita Terkait

    BI Beri Bansos Produktif untuk Pelaku UMKM, Itu Hoaks!

    Bank Indonesia menegaskan pihaknya bukan lembaga penyalur bansos produktif sebagaimana informasi yang beredar. Selengkapnya

    Tak Perlu Pasang Ring, Cukup Ramuan Bawang Putih? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Serpihan Logam dalam Makanan Bayi? Awas Hoaks!

    Video tersebut beredar dengan narasi bahwa makanan bayi tersebut mengandung logam. Selengkapnya

    Detik-detik Jembatan Suramadu Ambruk, Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim Jembatan Suramadu ambruk ditabrak kapal kargo adalah tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA