FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 11-2021

    899

    PeduliLindungi Raih Penghargaan, Menkominfo: Ini Karya Anak Bangsa

    Kategori Berita Kominfo | Irso
    Menkominfo Johnny G. Plate dalam People of The Year 2021 di Studio Metro TV, Jakarta Barat, Rabu (24/11/2021). - (AYH)

    Jakarta Barat, Kominfo - Aplikasi pelacakan kontak digital yang dikembangkan untuk penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19 di Indonesia, PeduliLindungi mendapatkan penghargaan sebagai Scientific Breakthrough Against Pandemic dalam People of The Year 2021 dari Metro TV.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan kebanggaan dan apresiasi atas penghargaan untuk aplikasi karya anak bangsa itu.

    “Suatu keterkejutan tersendiri, saya tentunya berterima kasih kepada Metro TV dan para juri tim penilai yang memperhatikan sungguh-sungguh pemanfaatan instrumen digital. Ini karya anak bangsa,” ujarnya dalam People of The Year 2021 di Studio Metro TV, Jakarta Barat, Rabu (24/11/2021). 

    Menkominfo Johnny G. Plate juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang terus memberikan arahan untuk mengembangkan aplikasi publik itu dalam membantu negara, bangsa, dan masyarakat menangani dan mencegah pandemi Covid-19.

    “Karenanya juga saya patutlah berterima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang melalui ketegasannya memastikan aplikasi publik ini digunakan secara masif oleh seluruh kementerian lembaga, instrumen negara agar digunakan. Sehingga memampukan kita menangani pandemi Covid-19 yang saat ini memberikan hasil yang cukup maksimal,” jelasnya.

    Menurut Menteri Johnny, penghargaan Scientific Breakthrough Against Pandemic kepada aplikasi PeduliLindungi, tidak terlepas dari kerja keras berbagai pihak. Termasuk civitas di Kementerian Kominfo. 

    “Tadi disampaikan Prof. Ahmad Ramli (mantan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika), yang secara serius dan sungguh-sungguh menyiapkan berbagai payung hukum agar aplikasi ini bisa digunakan. Rekan-rekan dari Direktorat Jenderal Aptika (Aplikasi Informatika), Pak Semmy dan teman-teman yang menempatkannya di Apps Store dan Play Store secara gratis, sehingga bisa digunakan secara masif oleh masyarakat,” tandasnya.

    Menkominfo berharap, aplikasi PeduliLindungi kedepannya memberikan dorongan yang kuat agar seluruh masyarakat memanfaatkannya dengan baik.

    “Karena aplikasi ini sangat powerfull untuk membantu kita mencegah tertular dari pandemi Covid-19 melalui tracing dan tracking,” ujarnya.

    Dalam kesempatan itu, Menteri Johnny menegaskan bahwa PeduliLindungi akan terus dikembangkan dan digunakan sebagai aplikasi dalam penyelenggaraan G20 nanti. 

    “Akan ada dalam berbagai bahasa, bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa China juga yang saat ini sedang dikembangkan. Kita gunakan aplikasi ini untuk bersama-sama kita tangkal pandemi Covid-19, nothing is impossible, kita pasti sukses,” paparnya.

    Terlepas dari penghargaan yang diraih, Menkominfo mengajak seluruh masyarakat untuk terus bersama-sama disiplin menerapkan protokol kesehatan dan mengambil bagian dalam vaksinasi secara bergotong-royong. 

    “Karena ini titik penting dalam kaitan dengan pemulihan kehidupan berbangsa kita, secara khusus pemulihan perekonomian nasional kita,” imbuhnya.

    Selain Menteri Johnny, penghargaan dan apresiasi atas dukungan untuk aplikasi PeduliLindungi dalam meraih penghargaan Scientific Breakthrough Against Pandemic juga disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Direktur Utama Telkom Ririk Adriansyah.

    Penerima Penghargaan People of The Year 2021

    Best Governor for Inclusive Economic Growth, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan.

    Best Governor for Empowerment & Education, yakni Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, dan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad.

    Best Governor for Healthcare and Action Against Pandemic, yakni Gubernur Jambi Al Haris, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

    Best Governor for E-Gov & Digital Innovation, yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

    Innovative Governmental Organization, yakni Kementerian Kesehatan, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

    Patron of Development Partnership, yakni Gusdurian, Kawal Covid19, dan Rumah Zakat.

    Corporation Participation Against Pandemic, yakni PT Kalbe Farma Tbk, TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), dan Grahasari Suryajaya.

    Scientific Breakthrough Against Pandemic, yakni salah satu pemilik hak paten vaksin AstraZeneca Carina Citra Dewi Joe; penggagas ventilator portabel Vent-I Syarief Hidayat dan tim; serta PeduliLindungi yang mencakup Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Telkom.

    Lifetime Achievement dianugerahkan kepada almarhum mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar. Penerimaan anugerah diwakili keponakan Artidjo, Adi Sultan.

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Kunjungan Kerja di Barcelona Berakhir, Menkominfo Kembali ke Tanah Air

    Menkominfo telah menyelesaikan beberapa agenda utama, di antaranya pertemuan dengan Sekretaris Jenderal International Telecommunication Unio Selengkapnya

    [Berita Foto] Tiba di Barcelona, Menkominfo Mulai Lawatan ke Spanyol

    Dalam lawatan ke Spanyol, Menteri Budi Arie akan menghadiri Mobile World Congress (MWC) 2024. Selengkapnya

    [Berita Foto] Rayakan Natal 2023, Menkominfo Gelar Open House

    Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju hadir untuk bersilaturahmi dalam acara tersebut. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Acara Puncak Peringatan Hakordia 2023

    Presiden mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi pemerintah telah melakukan digitalisasi di berbagai pelayanan, seperti Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA