FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 02-2022

    2262

    Menkominfo Akan Tinjau Pembangunan Stasiun Bumi di Kupang

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Kupang, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate akan meninjau meninjau secara langsung Pembangunan Ruang Kendali Satelit Bumi SATRIA untuk penyediaan jaringan telekomunikasi serta mersemikan bangunan aula di Kampus Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. 

    “Jadi kunjungan Bapak Menteri Kominfo, Johnny G. Plate ke Kupang ini dalam rangka mengahadiri dua kegiatan sekaligus yakni meninjau Lokasi Pembangunan Ruang Kontrol Satelit Bumi Satria, dan meresmikan Gedung St Arnoldus Janssen serta Aula St. Maria Immaculata yang berada di Kampus Universitas Katolik Widya Mandira,” tutur Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo, Sensilaus Dore, di Bandara El Tari Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Selasa (22/02/2022). 

    Dalam kunjungan kerja selama dua hari, Menteri Johnny juga diagendakan untuk menyaksikan dan berdialog dengan penerima beasiswa pelatihan bahasa Inggris secara daring.

    “Setelah seremoni pengguntingan pita peresmian, Pak Menteri akan menyapa secara virtual para penerima beasiswa pelatihan bahasa Inggris melalui zoom meeting,” jelasnya.

    Untuk agenda utama, Kabiro Umum Setjen Kementerian Kominfo menyatakan Menteri Johnny akan meninjau pembangunan stasiun bumi yang akan berfungsi sebagai stasiun pusat pengendali dan pengawas alur pergerakan Satelit Multifungsi SATRIA 1 di Kelurahan Balok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang. 

    “BAKTI Kementerian Kominfo membangun 11 lokasi stasiun bumi. Sebelumnya Menkominfo telah melakukan Groundbreaking Ceremony Stasiun Bumi Proyek KPBU Satelit Multifungsi, di Gedung PSN, Cikarang, Jawa Barat, Agustus tahun lalu. Nah, besok melihat secara langsung bagaimana persiapan pembangunan Satelit Bumi yang ada di sini,” kata Sensilaus Dore.

    Berdasarkan data dari BAKTI, kemajuan konstruksi pondasi antena pembangunan gateway SATRIA-1 untuk lokasi Kupang saat ini masih 50%. Kemudian, kemajuan konstruksi gedung telah mencapai 39%. Untuk panel dan kabel power, kini tengah dalam tahap pengadaan. Sementara mengenai sambungan listrik (PLN) sedang menunggu instalasi. (hm.ys)

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Awas Hoaks! Informasi Tenggat Penguruan STR Seumur Hidup

    Klaim terkait pengurusan STR Seumur Hidup bagi named dan nakes sebelum tanggal 1 Februari 2024 adalah tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA