FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 03-2023

    1095

    Siaran Televisi Analog Provinsi Bali akan Dihentikan pada 20 Maret

    Kategori Berita Kominfo | doni003
    Direktur Pengembangan Pita Lebar Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Marvel P. Situmorang, dalam Seremonial dan Bimbingan Teknis Bantuan Set Top Box (STB) di Wilayah Layanan Siaran Bali di Provinsi Bali, Selasa (07/03/2023). - (https://www.rri.co.id/singaraja)

    Denpasar, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menghentikan siaran televisi analog dan memulai migrasi ke siaran digital atau analog switch off (ASO) pada 20 Maret 2023 mendatang untuk wilayah Provinsi Bali.

    “Undang-Undang Cipta kerja mengamanatkan bahwa sistem teknologi penyiaran itu mengubah dari analog ke digital paling lambat dua tahun sejak ini diundangkan. Hari ini kita di provinsi Bali akan menjalankan rangkaian perubahan tersebut,” ujar Direktur Pengembangan Pita Lebar Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Marvel P. Situmorang, dalam Seremonial dan Bimbingan Teknis Bantuan Set Top Box (STB) di Wilayah Layanan Siaran Bali di Provinsi Bali, Selasa (07/03/2023).

    Sebelum memulai ASO di Bali, pemerintah akan memberikan bantuan 33.835 unit STB untuk rumah tangga miskin ekstrem. Jumlah bantuan tersebut didasarkan pada data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) diperoleh dari Kementerian Sosial (Kemensos).

    “Sebelum melakukan Analog Switch Off, (pemerintah) memberikan bantuan berupa STB pada rumah tangga miskin agar ketika sistem analog dimatikan atau berubah jadi digital, rumah tangga miskin ini tetap bisa menerima siaran televisi,” jelas Direktur Marvel.

    Direktur Pengembangan Pita Lebar Ditjen PPI Kementerian Kominfo mengatakan, dari total bantuan 33.835 unit STB, 13.634 berasal dari lembaga penyiaran swasta (LPS) atau penyelenggara multiplexing dan dari pemerintah, dalam hal ini Kominfo, sebanyak 20.200 unit.

    Pemberian bantuan STB ini telah dilakukan sejak awal pekan ini dan akan terus berlangsung hingga 20 Maret mendatang atau hingga tercapai target di sembilan Kabupaten atau Kota Provisi Bali.

    “Sistem pembagiannya ada dua. Yang pemerintah akan dibagikan kepada calon-calon rumah tangga miskin ini secara langsung atau mendatangi rumah secara langsung setidaknya door-to-door. Yang dari lembaga penyiaran swasta melalui sistem polling, jadi rumah tangga ini diundang ke suatu tempat dan akan diberikan bantuan STB sesuai dengan data yang ada,” jelasnya.

    Direktur Pengembangan Pita Lebar Ditjen PPI Kementerian Kominfo mengapresiasi semua pemangku kepentingan (stakeholder) dalam rangka pelaksanaan analog ini, lebih khususnya dalam pelaksanaan pemberian bantuan STB bagi rumah tangga miskin di seluruh wilayah provinsi Bali.

    Direktur Marvel juga berharap para pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah daerah kabupaten, kota, kelurahan dan seluruh pihak bersama-sama dengan penyedia STB untuk membantu kelancaran pemberian bantuan tersebut.

    “Saya ingin mengajak semua pihak untuk bersama-sama kita songsong era siaran televisi digital dengan menikmati lebih bersih dan canggih melalui alat bantuan STB,” ungkapnya.

    Berita Terkait

    Harapkan Kerja Profesional, Kominfo Lantik dan Ambil Sumpah 207 PPPK

    PPPK harus bekerja secara profesional, proporsional, perfeksionis sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selengkapnya

    Apresiasi Kehadiran Delegasi, Kominfo Siapkan Serangkaian Acara

    Sejumlah delegasi dari 15 negara anggota G20 menghadiri secara langsung Sidang Kedua Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau 2nd Meeting Digital Selengkapnya

    Tiba di YIA, Menkominfo Akan Buka Sidang Kedua DEWG G20 di Yogyakarta

    Kunjungan Menkominfo di Yogyakarta untuk membuka dan menghadiri Sidang Kedua atau 2nd Digital Economy Working Group (DEWG) Meeting Presidens Selengkapnya

    Fasilitasi Jurnalis, Kominfo Sediakan Media Center MotoGP Mandalika 2022

    Para jurnalis yang akan meliput di MCI wajib mendaftarkan diri kepada Kominfo, Sub Bagian Humas Polda NTB dan Dinas Kominfo Statistik Provin Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA