FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 06-2023

    540

    Tingkatkan Kecakapan Nelayan dan ABK Lewat Bimtek SOR

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Kupang, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika melatih dan memfasilitasi sertifikasi operator radio untuk nelayan dan Anak Buah Kapal (ABK) di wilayah Nusa Tenggara Timur. 

    Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Kupang Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Mujiyo menjelaskan hal itu sebagai wujud komitmen memberikan layanan prima kepada pengguna frekuensi radio, khususnya bagi nelayan.

    “Bimtek ini merupakan bentuk pembekalan kecakapan komunikasi radio maritim sekaligus melaksanakan sertifikasi bagi para Operator Radio Maritim, sehingga nantinya dapat berkomunikasi dengan baik dan benar di laut khususnya pada saat terjadi marabahaya,” tuturnya dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Sertifikasi Operator Radio (SOR) bagi Nelayan dan Anak Buah Kapal di Gedung Serba Guna Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang, Senin (26/06/2023).

    Menurut Mujiyo, komunikasi yang baik dan benar memiliki manfaat bagi para nelayan dan melindungi pengguna frekuensi lain dari kemungkinan terjadi interferensi atau gangguan frekuensi radio. 

    “Dengan mengikuti Bimtek ini peserta diharapkan memiliki pemahaman pentingnya menggunakan perangkat radio yang memenuhi standar marine,” ujarnya.

    Kabalmon Kelas I Kupang menyatakan Bimbingan Teknis Sertifikasi Operator Radio (SOR) diperlukan karena setiap pengoperasian alat dan perangkat telekomunikasi khusus pada Stasiun Dinas Bergerak Pelayaran (Maritime Mobile Service) dan Stasiun Dinas Bergerak Satelit Pelayaran (Maritime Mobile-Satellite Service) harus dioperasikan oleh Radio Elektronika dan/atau Operator Radio yang telah memiliki Sertifikat Kewenangan.

    “Ketentuan ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia Nomor 02/Per/M.Kominfo/03/2011 Tentang Sertifikasi Radio Elektronika Dan Operator Radio. Sedangkan juknis untuk pelaksanaan Bimtek Pelaksanaan Sertifikasi Kecakapan Operator Radio telah diatur dalam Perdirjen SDPPI No.5 Tahun 2020,” jelasnya.

    Melalui Bimtek, peserta dievaluasi dan yang dinyatakan layak berhak mendapatkan Sertifikat Kecakapan Operator Radio GMDSS Non Konvensi Solas secara gratis. 

    “Sertifikat ini sebagai keterangan atau bukti diri kecakapan seseorang sebagai tanda kewenangan untuk dapat melakukan pekerjaan sebagai Operator Radio sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” tuturnya. 

    Ada dua jenis sertifikat, yaitu yang pertama Sertifikat Jarak Jangkau Dekat (SRC) diperuntukan bagi operator radio untuk dapat mengoperasikan hanya perangkat radio maritim VHF DSC pada kapal non Konvensi Solas di wilayah kerja ( Sea Area) A1 dan tidak memasuki wilayah kerja negara lain.Kedua, Sertifikat Jarak Jangkau Jauh (LRC) diperuntukan bagi operator radio untuk dapat mengoperasikan perangkat radio maritim MF DSC, HF DSC, dan VHF DSC pada kapal non Konvensi Solas di wilayah kerja ( Sea Area) A3 dan tidak memasuki wilayah kerja negara lain. Untuk bimtek saat ini peserta yang memenuhi syarat akan mendapat sertifikat SRC.

    Bimtek Sertifikasi Operator Radio (SOR) bagi para nelayan dan Anak Buah Kapal (ABK) di Gedung Pertemuan Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang diikuti 70 peserta. 

    Doni Bustofa salah satu nelayan peserta bimtek mengungkapkan bahwa bimtek bagi nelayan baik sekali karena telah mengajarkan nelayan cara berkomunikasi radio maritim yang benar untuk meminta pertolongan pada saat mengalami kecelakaan di laut. 

    "Saya merasa merasa bersyukur dan terima kasih bisa menjadi peserta bimtek," ujarnya.

    Bimtek diisi dengan penyampaian materi Peraturan Radio oleh Ahli Madya PFR Balmon Kupang,  Fery dan praktik Tata Cara Komunikasi Radio Maritim oleh Instruktur dari Balmon Kupang Azis Kurniawan. Acara dibuka oleh Kabalmon Kelas I Kupang, Mujiyo. Turut hadir pada kesempatan itu, Wakil Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang Yesaya, dan perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan NTT.



    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Layanan, Kominfo Perkuat Kompetensi Petugas Loket MoTS

    Kementerian Kominfo komit untuk memberikan solusi penggunaan frekuensi radio bagi nelayan dan pelaku usaha di sektor perikanan. Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Layanan Informasi Publik, Kominfo Gelar Bimtek PID

    Kominfo terus berusaha memfasilitasi dalam hal teknologi agar mendukung upaya peningkatan kualitas layanan informasi publik. Selengkapnya

    Sekjen: Manfaatkan Teknologi untuk Berikan Pelayanan Publik Prima

    Sivitas Kementerian Kominfo harus memanfaatkan teknologi digital dengan optimal agar dapat membantu meningkatkan efisiensi, produktivitas, d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA