FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 07-2023

    990

    Kominfo Dorong Pranata Humas Tingkatkan Kompetensi

    SIARAN PERS NO. 140/HM/KOMINFO/07/2023
    Kategori Siaran Pers
    Dirjen IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong dalam Pembukaan Bimbingan Teknis Pengelola Media Sosial Pemerintah serta Bimbingan Teknis Kiat Lulus Uji Kompetensi Naskah dan Program Kehumasan di Yogyakarta, Selasa (11/07/2023). - - (AYH)

    Siaran Pers No. 140/HM/KOMINFO/07/2023

    Selasa, 11 Juli 2023

    tentang

    Kominfo Dorong Pranata Humas Tingkatkan Kompetensi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong Pejabat Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat (Humas) untuk meningkatkan kompetensi. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong menyatakan hal itu diperlukan agar komunikasi publik pemerintah lebih optimal.

    Tahun ini pemerintah memiliki beberapa program yang menjadi prioritas antara lain Keketuaan ASEAN 2023 serta Pemilu 2024. Tentunya peranan kita sebagai humas pemerintah diharapkan benar-benar menyampaikan informasi secara cepat, tepat dan akurat kepada masyarakat,” tandasnya  dalam Pembukaan Bimbingan Teknis Pengelola Media Sosial Pemerintah serta Bimbingan Teknis Kiat Lulus Uji Kompetensi Naskah dan Program Kehumasan di Yogyakarta, Selasa (11/07/2023). 

    Oleh karena itu, Dirjen Usman Kansong mendorong Pranata Humas perlu senantiasa mengembangkan kompetensi. Saya yakin banyak Pranata Humas yang terlibat dalam Pengelolaan Media Sosial pemerintah. Untuk dapat melaksanakan tugas tersebut,” ungkapnya. 

    Sebagai Instansi Pembina Jabatan Fungsional Pranata Humas (JFPH), Kementerian Kominfo juga terus berupaya meningkatkan kualitas SDM Pranata Humas. 

    Saat ini kita sedang mempersiapkan formasi Pranata Humas Ahli Utama yang akan segera ditetapkan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Untuk mendapatkan Pranata Humas yang berkualifikasi, pemenuhan kompetensi tersebut dapat dilakukan melalui pelatihan dan bimbingan teknis serta uji kompetensi untuk pemangku jabatan yang diproyeksikan akan mengisi formasi jabatan yang kosong,” tutur Dirjen IKP Kementerian Kominfo. 

    Menurut Dirjen Usman Kansong, uji kompetensi merupakan proses penilaian untuk menentukan apakah seseorang telah kompeten atau belum kompeten pada suatu unit kompetensi atau kualifikasi pekerjaan tertentu.  “Dalam pelaksanaan uji kompetensi, persyaratan, mekanisme pelaksanaan ujian, dan materi uji kompetensi merupakan hal yang perlu diketahui oleh calon peserta uji kompetensi,” tuturnya. 

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo mengharapkan pelaksanaan  Bimbingan Teknis Kiat Lulus Uji Kompetensi Naskah dan Produk Kehumasan bagi para Pranata Humas. akan dapat memperkuat komunikasi publik pemerintah. 

    "Saya harapkan para pengelola media sosial, termasuk Pranata Humas, dapat meningkatkan kompetensinya dalam menjalankan komunikasi publik di instansi masing-masing. Baik mengelola media sosial, maupun menyusun naskah dan program kehumasan, keduanya saling beririsan," tuturnya. 

    Acara itu dihadiri Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi D.I. Yogyakarta, Sayuri Egaravanda yang mewakili  Sekretaris Daerah Provinsi D.I. Yogyakarta; Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Hasyim Gautama;  Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Haryo Limanseto dan narasumber serta pejabat di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi D. I. Yogyakarta.

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 315/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Jaga Standar Keamanan Perangkat Telekomunikasi, Menkominfo Tekankan Kolaborasi

    IDTH akan berperan optimal sebagai wadah kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, industri, UMKM, akademisi, serta masyarakat dalam pengemb Selengkapnya

    Siaran Pers No. 314/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Uji Publik RPM mengenai Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module (ESIM)

    Tanggapan terhadap Uji Publik Rancangan Peraturan Menteri tentang Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module oleh Penyelengga Selengkapnya

    Siaran Pers No. 313/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Terlengkap se-Asia Tenggara, Menteri Budi Arie Harap IDTH Jadi Rujukan Internasional

    Menkominfo Budi Arie Setiadi berharap IDTH dapat menjadi laboratorium rujukan untuk pengujian perangkat telekomunikasi di tingkat internasio Selengkapnya

    Siaran Pers No. 312/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Menkominfo: Perempuan Indonesia Jadi Penggerak Kemajuan Digital

    Guna menghadirkan pemanfaatan AI yang lebih inklusif bagi kaum perempuan, Kementerian Kominfo menyiapkan berbagai program pengembangan sumbe Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA