FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 08-2023

    577

    Menkominfo Ajak IJTI Sinergi Terapkan Jurnalisme Bijak

    SIARAN PERS NO. 187/HM/KOMINFO/08/2023
    Kategori Siaran Pers
    Menkominfo Budi Arie Setiadi saat memberikan sambutan dalam Peringatan Ulang Tahun Ke-25 Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Rabu (09/08/2023). - (Pey)

    Siaran Pers No. 187/HM/KOMINFO/08/2023

    Rabu, 9 Agustus 2023

    tentang

    Menkominfo Ajak IJTI Sinergi Terapkan Jurnalisme Bijak

    Seiring kemajuan teknologi dan dinamika sosial, konsep jurnalisme turut berkembang. Kini constructive journalism atau jurnalisme konstruktif banyak diterapkan untuk penyajian berita yang berorientasi pada solusi dan dampak positif yang mungkin terjadi, tidak hanya peristiwa saja. Selain itu, ada jurnalisme bijak yang lebih menekankan pada humanisme atas informasi yang disebarkan.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengajak jurnalis televisi di Indonesia bersinergi memberikan informasi kepada masyarakat Indonesia sekaligus menerapkan jurnalisme konstruktif dan jurnalisme yang bijak.

    “Teman-teman jurnalis bertanggung jawab untuk memperhitungkan dampak positif dan sekaligus membangun humanisme dari informasi yang membebaskan. Bapak Presiden selalu bilang Wise Journalism,” ungkapnya saat memberikan sambutan dalam Peringatan Ulang Tahun Ke-25 Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Rabu (09/08/2023).

    Menurut Menkominfo, kedua konsep jurnalisme itu tidak hanya menegaskan peran jurnalis sebagai penyebar informasi, namun juga sebagai penggerak perubahan.  

    "Ke depannya, saya juga mengharapkan adanya sinergi antara IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia) dengan Kementerian Kominfo, baik tadi input atau hal-hal yang perlu kita tangani, akan kita segera eksekusi," tuturnya.

    Menurut Menteri Budi Arie Setiadi, menjadi tanggung jawab seluruh jurnalis untuk mewujudkan jurnalisme yang berkualitas. Namun demikian, pelaksanaan tanggung jawab atas jurnalisme yang berkualitas penuh dengan berbagai tantangan, terutama perkembangan teknologi digital yang makin cepat.

    “Konsep jurnalisme untuk berkembang, jadi konsep jurnalisme konstruktif atau constructive journalism, menekankan pada penyajian berita yang tidak hanya memaparkan masalah, namun juga berbasis solusi dan dampak positif yang mungkin terjadi,” ungkapnya.

    Berkaitan dengan penyebaran informasi, Menteri Budi Arie menyatakan perubahan besar yang dibawa oleh kemajuan teknologi digital telah menjadi orientasi sekaligus solusi yang dapat menembus keterbatasan, memperluas jangkauan, dan mempercepat proses di berbagai lini kehidupan. 

    "Termasuk bagi rekan-rekan jurnalis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat," tandasnya.

    Oleh karena itu, sejalan dengan tema peringatan ulang tahun ke-25 IJTI “Merawat Jurnalisme Positif”, Menkominfo mengajak seluruh pengurus dan anggota IJTI berkolaborasi.  

    "Sebagai penutup, saya coba bacakan sebuah pantun, mudah-mudahan berkenan, spesial untuk teman-teman IJTI: IJTI sedang bersuka cita, 25 tahun sudah umurnya. Mari tingkatan kolaborasi kita, demi jurnalisme konstruktif dan berbudaya,” ungkapnya. 

    Dalam acara itu, Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Staf Khusus Menteri Daniel Hutagalung. Hadir pula Wakil Ketua Dewan Pers Muhamad Agung Dharmajaya, Ketua Umum IJTI Herik Kurniawan serta pengurus dan anggota IJTI dari berbagai daerah.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 314/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Uji Publik RPM mengenai Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module (ESIM)

    Tanggapan terhadap Uji Publik Rancangan Peraturan Menteri tentang Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module oleh Penyelengga Selengkapnya

    Siaran Pers No. 306/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Komitmen Investasi Rp28 T, Menteri Budi Arie: Microsoft Kembangkan AI dan Cloud di Indonesia

    Menurut Menteri Budi Arie, komitmen investasi Microsoft menjadi angin segar bagi pertumbuhan dan pengembangan ekosistem digital khususnya te Selengkapnya

    Siaran Pers No. 305/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Perkuat Transformasi Digital, Indonesia Galang Kerja Sama Perusahaan Global

    Perusahaan teknologi global memungkinkan penguatan dalam aspek infrastruktur dan sumberdaya manusia. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 304/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Dampingi Presiden Terima Kunjungan CEO Microsoft, Menkominfo: Bahas Eksosistem Teknologi

    Menurut Menteri Budi Arie kerja sama pengembangan sumberdaya manusia akan difokuskan pada peningkatan jumlah dan kompetensi talenta digital Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA