FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 08-2023

    468

    Kominfo Apresiasi Peran Pramuka Tingkatkan Kecakapan Digital Masyarakat

    SIARAN PERS NO. 211/HM/KOMINFO/08/2023
    Kategori Siaran Pers
    Wamenkominfo Nezar Patria menghadiri kegiatan Raimuna Nasional XII Gerakan Pramuka Tahun 2023 yang digelar di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta, Selasa (18/08/2023). - (Pey)

    Siaran Pers No. 211/HM/KOMINFO/08/2023

    Jumat, 18 Agustus 2023

    tentang

    Kominfo Apresiasi Peran Pramuka Tingkatkan Kecakapan Digital Masyarakat


    Anggota Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia menjadi salah satu pilar penting perkembangan teknologi digital di Indonesia. Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria mengharapkan, Pramuka terus menjadi bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital untuk meningkatkan kecakapan digital masyarakat.

    “Pramuka itu dimanapun selalu cakap, welas asih, pemberani, solider. Itu ciri khas rekan-rekan Pramuka. Dalam hal ini pramuka salah satu pilar teknologi bagi generasi muda,” ujarnya dalam Siberkreasi x Raimuna Nasional XII 2023 - Sesi Khusus Bersama Wakil Menteri Kominfo dan Pakar TIK di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (18/08/2023) malam.

    Menurut Wamenkominfo, disrupsi digital yang menerpa bangsa Indonesia dan dunia telah menjadi satu tren yang mengubah berbagai macam sisi kehidupan dan lanskap cara orang berkomunikasi.

    “Dalam perubahan itu saya kira ada persoalan-persoalan yang kita hadapi, misalnya tidak semua dari kita adaptif dengan perkembangan teknologi terutama teknologi digital dalam hal ini internet. Tidak semua kita melek dengan yang namanya perkembangan bagaimana menggunakan internet. Karena itu, Kominfo dalam hal ini punya program yang kita sebut sebagai Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD),” tuturnya.

    Wamenkominfo menegaskan betapa pentingnya pengetahuan tentang digital agar masyarakat tidak menjadi korban dari perkembangan informasi yang berlalu-lalang di dunia internet.

    “Maka inilah salah satu program Kominfo dan kami sangat senang sekali Siberkreasi juga bekerjasama dengan gerakan Pramuka sebagai bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital. Saya berterimakasih kepada komunitas yang tergabung dalam siberkreasi, terdiri dari 141 komunitas yang mencoba mengajak semua komunitas masyarakat untuk bisa menggunakan internet dengan lebih sehat,” tandasnya.

    Dalam diskusi, hadir Pakar TIK Onno W. Purbo dan Perwakilan Saka Mitra Inovasi dan Literasi Teknologi Informasi Digital ( Milenial) Digda. Diskusi yang berlangsung di tengah Raimuna Nasional XII 2023 itu membahas beragam isu berkaitan dengan kampanye Siber Kreasi yaitu CABE yaitu Cakap digital, Aman digital, Budaya digital, dan Etika Digital.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id  


    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 314/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Uji Publik RPM mengenai Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module (ESIM)

    Tanggapan terhadap Uji Publik Rancangan Peraturan Menteri tentang Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module oleh Penyelengga Selengkapnya

    Siaran Pers No. 306/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Komitmen Investasi Rp28 T, Menteri Budi Arie: Microsoft Kembangkan AI dan Cloud di Indonesia

    Menurut Menteri Budi Arie, komitmen investasi Microsoft menjadi angin segar bagi pertumbuhan dan pengembangan ekosistem digital khususnya te Selengkapnya

    Siaran Pers No. 305/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Perkuat Transformasi Digital, Indonesia Galang Kerja Sama Perusahaan Global

    Perusahaan teknologi global memungkinkan penguatan dalam aspek infrastruktur dan sumberdaya manusia. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 304/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Dampingi Presiden Terima Kunjungan CEO Microsoft, Menkominfo: Bahas Eksosistem Teknologi

    Menurut Menteri Budi Arie kerja sama pengembangan sumberdaya manusia akan difokuskan pada peningkatan jumlah dan kompetensi talenta digital Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA