FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 08-2023

    280

    Wamenkominfo Ajak Peserta Raimuna XII Bijak Gunakan Media Sosial

    SIARAN PERS NO. 212/HM/KOMINFO/08/2023
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 212/HM/KOMINFO/08/2023

    Sabtu, 19 Agustus 2023

    tentang

    Wamenkominfo Ajak Peserta Raimuna XII Bijak Gunakan Media Sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menginisiasi Gerakan Nasional Literasi Digital untuk meningkatkan Indeks Literasi Digital Masyarakat. Gerakan yang didukung 141 komunitas termasuk Pramuka itu mengembangkan literasi melalui empat pilar Cakap, Aman, Budaya dan Etika bermedia digital.

    Oleh karena itu, Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria mengajak peserta Raimuna Pramuka XII Tahun 2023  menjadi bagian aktif GNLD dengan bijak dalam menggunakan platform digital atau media sosial. 

    “Ini penting sekali saya kira mengingat sebentar lagi kita punya event-event nasional yang besar, dimana informasi itu lalu lalang di media internet terutama di sosial media,” ungkapnya kepada peserta Raimuna XII di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (18/08/2023) malam. 

    Menurut Wamenkominfo, dalam media sosial banyak beredar informasi tentang berbagai agenda dan isu  nasional, seperti Pemilihan Umum Serentak 2024 bahkan informasi tentang kesehatan hingga keuangan. Menurutnya, setiap informasi itu perlu disaring sebelum di-sharing atau dibagikan kembali. 

    “Hati-hati dalam menyaring informasi itu dan karenanya saya kira mengikuti satu kelas literasi digital akan sangat besar manfaatnya, apalagi teknologi sekarang berkembang sedemikian rupa. Kita tidak bisa dengan mudah membedakan mana informasi yang benar, mana yang salah,” jelasnya.

    Wamen Nezar Patria menyontohkan fenomena teknologi deepfake yang dapat mengubah wajah seseorang untuk dijadikan sebagai modus penipuan atau penyalahgunaan data pribadi orang lain.  

    “Wajah seseorang itu bisa ditiru habis, mirip, tetapi padahal bukan dia. Jadi betul-betul dengan generatif AI (artificial intelligence) dibuat satu wajah seseorang, katakanlah wajah presiden bisa juga dibuat demikian. Jadi bagaimana teknologi ini dipakai untuk mengelabui dan lain sebagainya sehingga masyarakat menerima informasi yang salah,” ungkapnya. 

    Melalui momentum Raimuna ke XII tahun 2023, Wamenkominfo mengharapkan wahana berkumpul anggota Pramuka di seluruh Indonesia juga bisa saling berbagi pengalaman dalam perkembangan teknologi digital di Indonesia.

    “Kita bisa meningkatkan pengetahuan dan gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan skill dalam mengarungi dunia digital yang semakin dinamis ini. Selamat beraktifitas di arena yang luar biasa di Raimuna XII 2023,,” jelasnya. 

    Wamen Nezar Patria berharap kegiatan Raimuna yang berlangsung setiap lima tahun sekali dapat dijadikan sebagai momentum untuk membangun produktifitas generasi muda, terutama di dunia digital.

    “Jadi beruntung sekali kalian yang bisa ikut di tahun ini, semoga nanti bisa ketemu di lima tahun kedepan dalam Raimuna yang berikutnya. Tentu dengan pengalaman yang makin bertambah, pengetahuan juga yang makin bertambah,” ungkapnya.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id  

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 307/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Komitmen Investasi Rp28 T, Menteri Budi Arie: Microsoft Kembangkan AI dan Cloud di Indonesia

    Menurut Menteri Budi Arie, komitmen investasi Microsoft menjadi angin segar bagi pertumbuhan dan pengembangan ekosistem digital khususnya te Selengkapnya

    Siaran Pers No. 306/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Perkuat Transformasi Digital, Indonesia Galang Kerja Sama Perusahaan Global

    Perusahaan teknologi global memungkinkan penguatan dalam aspek infrastruktur dan sumberdaya manusia. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 305/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Dampingi Presiden Terima Kunjungan CEO Microsoft, Menkominfo: Bahas Eksosistem Teknologi

    Menurut Menteri Budi Arie kerja sama pengembangan sumberdaya manusia akan difokuskan pada peningkatan jumlah dan kompetensi talenta digital Selengkapnya

    Siaran Pers No. 302/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kembangkan Infrastruktur Hijau, Kominfo Bangun Kota Cerdas dan PDH

    Saat ini Kementerian Kominfo telah mengembangkan program kota cerdas atau smart city dan pembangunan Pusat Data Hijau (PDH). Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA