FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 08-2023

    379

    Dukung Presidensi G20 India, Indonesia Usulkan Pendekatan Fleksibel dan Komprehensif

    SIARAN PERS NO. 214/HM/KOMINFO/08/2023
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 214/HM/KOMINFO/08/2023

    Sabtu, 19 Agustus 2023

    tentang

    Dukung Presidensi G20 India, Indonesia Usulkan Pendekatan Fleksibel dan Komprehensif

    Pertemuan Menteri Ekonomi Digital Negara Anggota G20 membahas tiga isu prioritas usulan Presidensi G20 India, yaitu Digital Public Infrastructure (DPI) for Digital Inclusion and Innovation; Building Safety, Security, Resilience and Trust in the Digital Economy; dan Digital Skilling for Building a Global Future Ready Workforce.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan Indonesia mengapresiasi usulan Presidensi G20 India. Bahkan, Menteri Budi Arie menekankan penddekatan fleksibilitas untuk implementasi DPI dan peningkatan keamanan digital serta keterampilan digital yang komprehensif.

    "Sebagai delegasi sekaligus Anggota Troika, Indonesia menyampaikan intervensi terhadap masing-masing isu prioritas," ujarnya dalam Digital Economy Minister Meeting (DEMM)  Digital Economy  Working Group (DEWG) G20 di Taj West End, Bengaluru, India, Sabtu (19/08/2023).

    Dalam isu prioritas pertama, Indonesia menyampaikan masukan mengenai ruang fleksibilitas bagi setiap negara untuk mengembangkan DPI sesuai dengan kebutuhan, kondisi dan tingkat perkembangan ekonomi masing-masing.

    "Indonesia juga mendorong pemanfaatan DPI yang difokuskan di dalam negeri, tanpa menutup kemungkinan untuk mengembangkan DPI yang bersifat lintas negara," ungkap Menteri Budi Arie.  

    Berkaitan dengan isu prioritas kedua, Indonesia menyadari keamanan menjadi komponen penting dalam pengembangan ekonomi digital. Menkominfo menyatakan isu ini juga dibahas dalam Presidensi G20 Indonesia 2022.

    "Indonesia mengumpulkan praktik dari banyak Anggota G20 mengenai keamanan digital yang menjadi faktor kunci dalam mendukung kelangsungan bisnis, terutama bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selain itu, isu yang krusial bagi Indonesia adalah pelindungan untuk anak dalam ruang digital," tandasnya.

    Mengenai isu ketiga, Menteri Budi Arie menyatakan Indonesia menyambut baik usulan Presidensi India untuk melakukan perbandingan kecakapan digital antar negara. Menurutnya, Indonesia berkomitmen untuk melaksanakan program pengembangan kecakapan digital secara komprehensif.

    "Seluruh program penyiapan SDM digital dilakukan dengan berkolaborasi bersama berbagai pemangku kepentingan dari akademisi, pelaku industri, organisasi masyarakat sipil, serta instansi pemerintah terkait," ungkapnya.

    Dalam DEMM DEG Presidensi G20 India, selain Menkominfo Budi Arie Setiadi, hadir tujuh menteri dari negara Anggota G20 beserta 5 menteri  negara undangan.   Mereka membahas dan memberikan usulan untuk dokumen akhir dari rangkaian pertemuan Digital Economy Working Group yang akan menjadi bahan pembahasan Pemimpin Negara G20.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id  

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 307/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Komitmen Investasi Rp28 T, Menteri Budi Arie: Microsoft Kembangkan AI dan Cloud di Indonesia

    Menurut Menteri Budi Arie, komitmen investasi Microsoft menjadi angin segar bagi pertumbuhan dan pengembangan ekosistem digital khususnya te Selengkapnya

    Siaran Pers No. 306/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Perkuat Transformasi Digital, Indonesia Galang Kerja Sama Perusahaan Global

    Perusahaan teknologi global memungkinkan penguatan dalam aspek infrastruktur dan sumberdaya manusia. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 305/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Dampingi Presiden Terima Kunjungan CEO Microsoft, Menkominfo: Bahas Eksosistem Teknologi

    Menurut Menteri Budi Arie kerja sama pengembangan sumberdaya manusia akan difokuskan pada peningkatan jumlah dan kompetensi talenta digital Selengkapnya

    Siaran Pers No. 302/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kembangkan Infrastruktur Hijau, Kominfo Bangun Kota Cerdas dan PDH

    Saat ini Kementerian Kominfo telah mengembangkan program kota cerdas atau smart city dan pembangunan Pusat Data Hijau (PDH). Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA