FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 08-2023

    506

    Pertemuan ATRC-RRT ke-29 Bahas 5G, Keamanan Siber dan Perlindungan Data

    SIARAN PERS NO. 232/HM/KOMINFO/08/2023
    Kategori Siaran Pers
    Suasana Pertemuan ke-19 ASEAN Telecommunication Regulators’ Council dengan Republik Rakyat Tiongkok di Badung, Bali, Kamis (24/08/2023). - (PeyHS)

    Siaran Pers No. 232/HM/KOMINFO/08/2023

    Kamis, 24 Agustus 2023

    tentang

    Pertemuan ATRC-RRT ke-29 Bahas 5G, Keamanan Siber dan Perlindungan Data

    ASEAN dan Republik Rakyat Tiongkok meningkatkan kolaborasi untuk mewujudkan visi pemanfaatan infrastruktur dan teknologi digital untuk mendorong pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. Peran regulator telekomunikasi memiliki arti penting di era transformasi digital yang cepat, agar dapat  memfasilitasi pertumbuhan ekosistem digital yang kuat, inklusif, dan aman.

    Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Tayyiba menyatakan, upaya kolektif sekaligus menjaga nilai dan prinsip dasar akan memungkinkan pemanfatan teknologi digital untuk mendorong inovasi dan kemajuan yang berkelanjutan.

    “Kawasan ASEAN dan Tiongkok memiliki aspirasi yang sama untuk memanfaatkan potensi teknologi untuk meningkatkan taraf hidup, menciptakan peluang, dan meningkatkan interkonektivitas,” ujarnya dalam Pertemuan ke-19 ASEAN Telecommunication Regulators’ Council dengan Republik Rakyat Tiongkok di Badung, Bali, Kamis (24/08/2023).

    Menurut Sekjen Kementerian Kominfo, ASEAN dan RRT membutuhkan teknologi yang sedang berkembang seperti kecerdasan buatan, Internet of Things, dan jaringan 5G agar lebih siap untuk membentuk kembali industri dan masyarakat.  

    “Komitmen kolektif kami untuk membina kerja sama sangat penting dalam menyikapi lanskap tata kelola digital, memastikan ketersediaan, keterjangkauan, dan aksesibilitas layanan telekomunikasi bagi semua warga negara,” tegasnya. 

    Sebagai Ketua ATRC ke-29, Mira Tayyiba menilai semangat kolaborasi ini menjadi dasar saling bertukar pengetahuan, keahlian, dan praktik terbaik. 

    “Dialog kami akan mencakup spektrum topik yang luas, mulai dari penyebaran 5G dan manajemen spektrum hingga keamanan siber dan perlindungan data. Saya berharap diskusi kita membuahkan hasil, kemitraan kita bertahan, dan visi kita bersama tentang masa depan yang terhubung dan sejahtera menjadi kenyataan,” ungkapnya.  

    Dalam acara itu hadir Delegasi Republik Rakyat Tiongkok, Delegasi negara ASEAN, perwakilan Sekretariat ASEAN, dan Direktur ASEAN ICT Centre (AICTC).

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 307/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Komitmen Investasi Rp28 T, Menteri Budi Arie: Microsoft Kembangkan AI dan Cloud di Indonesia

    Menurut Menteri Budi Arie, komitmen investasi Microsoft menjadi angin segar bagi pertumbuhan dan pengembangan ekosistem digital khususnya te Selengkapnya

    Siaran Pers No. 306/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Perkuat Transformasi Digital, Indonesia Galang Kerja Sama Perusahaan Global

    Perusahaan teknologi global memungkinkan penguatan dalam aspek infrastruktur dan sumberdaya manusia. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 305/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Dampingi Presiden Terima Kunjungan CEO Microsoft, Menkominfo: Bahas Eksosistem Teknologi

    Menurut Menteri Budi Arie kerja sama pengembangan sumberdaya manusia akan difokuskan pada peningkatan jumlah dan kompetensi talenta digital Selengkapnya

    Siaran Pers No. 302/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kembangkan Infrastruktur Hijau, Kominfo Bangun Kota Cerdas dan PDH

    Saat ini Kementerian Kominfo telah mengembangkan program kota cerdas atau smart city dan pembangunan Pusat Data Hijau (PDH). Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA