FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 08-2023

    496

    Hadapi Digitalisasi Global, Menkominfo Ingatkan Jaga Kedaulatan Data

    SIARAN PERS NO. 243/HM/KOMINFO/08/2023
    Kategori Siaran Pers
    Menkominfo Budi Arie Setiadi bersama Mendag Zulkifli Hasan dalam Diskusi Chairul Tanjung Way Beyond Politics: Ngobrol untuk Indonesia Maju di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (27/08/2023). - (Pey)

    Siaran Pers No. 243/HM/KOMINFO/08/2023

    Minggu, 27 Agustus 2023

    tentang

    Hadapi Digitalisasi Global, Menkominfo Ingatkan Jaga Kedaulatan Data

    Indonesia telah menginisiasi pembahasan keamanan data di antara negara anggota G20, lewat Digital Economy Working Group Presidensi G20 Indonesia 2022. Ketika itu, Indonesia menekankan isu tentang cross-border data flow dan data free-flow with trust untuk menunjukkan peran penting data dalam memanfaatkan peluang ekonomi digital dengan prinsip transparansi, keabsahan, keadilan, dan timbal balik. 

    Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan persoalan kedaulatan data di tengah transformasi digital global memiliki arti penting. Menurutnya Indonesia perlu memberikan perhatian dalam kedaulatan data.

    “Saya sudah diskusi dengan beberapa orang, kalau data Indonesia yang harus kita jaga yaitu data keuangan harus di Indonesia. Karena data keuangan kita ini vital, seluruh negara di dunia ketika ada apa-apa pasti lihat data keuangan. Kantong yang murni kita harus tahu, jangan negara lain tahu,” ungkapnya dalam sesi diskusi Chairul Tanjung Way Beyond Politics di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (27/08/2023).

    Data keuangan memiliki arti penting bagi setiap negara. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia menegaskan arti penting pelindungan terhadap data keuangan negara. Menteri Budi Arie menegaskan arti penting keamanan data juga menjadi satu dari tiga isu dalam pembahasan Digital Economy Working Group Presidensi G20 India 2023.

    “Yang pertama infrastruktur digital; yang kedua upskilling digital talent untuk meningkatkan kemampuan literasi digital buat seluruh masyarakat; dan ketiga ini yang penting yaitu security in digital economy, keamanan, ini soal kedaulatan data,” tandasnya.

    Menurut Menkominfo berkaitan dengan keamanan data antarnegara, dalam DEWG Presidensi G20 India 2023, Pemerintah Jepang mengusulkan konsep data free flow with trust atau pertukaran data berbasis kepercayaan. Menteri Budi Arie menyatakan konsep tersebut selaras dengan usulan Indonesia dalam pertemuan sebelumnya. 

    “Jepang mengusulkan data free flow with trust. Jadi data mengalir bebas tapi kita mau pakainya sama (berbasis) kepercayaan, karena Jepang selalu maju dari beberapa negara karena mereka value-nya ada seperti ke Asia maupun wilayah Timur,” ujarnya.

    Dalam Ngobrol untuk Indonesia Maju, hadir Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan pendiri sekaligus pimpinan CT Corp dan Trans TV Chairul Tanjung.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 315/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Jaga Standar Teknis Keamanan Perangkat Telekomunikasi, Menkominfo Tekankan Kolaborasi

    IDTH akan berperan optimal sebagai wadah kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, industri, UMKM, akademisi, serta masyarakat dalam pengemb Selengkapnya

    Siaran Pers No. 314/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Uji Publik RPM mengenai Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module (ESIM)

    Tanggapan terhadap Uji Publik Rancangan Peraturan Menteri tentang Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module oleh Penyelengga Selengkapnya

    Siaran Pers No. 313/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Terlengkap se-Asia Tenggara, Menteri Budi Arie Harap IDTH Jadi Rujukan Internasional

    Menkominfo Budi Arie Setiadi berharap IDTH dapat menjadi laboratorium rujukan untuk pengujian perangkat telekomunikasi di tingkat internasio Selengkapnya

    Siaran Pers No. 312/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Menkominfo: Perempuan Indonesia Jadi Penggerak Kemajuan Digital

    Guna menghadirkan pemanfaatan AI yang lebih inklusif bagi kaum perempuan, Kementerian Kominfo menyiapkan berbagai program pengembangan sumbe Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA