FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 08-2023

    312

    Kominfo Ajak Anak Muda Gelorakan Semangat Keketuaan Indonesia di ASEAN

    SIARAN PERS NO. 257/HM/KOMINFO/08/2023
    Kategori Siaran Pers
    Dirjen IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong dalam acara Gemuruh Musik ASEAN 2023, yang berlangsung secara hibrida dari Anjungan Sarinah, Jakarta Pusat, Rabu (30/08/2023) malam. - (AYH)

    Siaran Pers No. 257/HM/KOMINFO/08/2023

    Rabu, 30 Agustus 2023

    tentang

    Kominfo Ajak Anak Muda Gelorakan Semangat Keketuaan Indonesia di ASEAN

    Jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, Pemerintah terus mengajak seluruh elemen masyarakat ambil bagian dalam Keketuaan Indonesia dalam ASEAN. Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak anak muda untuk menggelorakan semangat Keketuaan ASEAN 2023.

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong menyatakan generasi muda Indonesia setidaknya bisa memberikan kontribusi dalam membangun masa depan ASEAN yang lebih baik. 

    “Ayo kita jadi bagian dari warga besar bernama ASEAN. ASEAN itu kan sudah sekian puluh tahun, terbentuk sebelum mereka lahir. Jadi, harus kita berikan pengetahuan, mendorong sikap positif, serta partisipasi berupa rasa memiliki ASEAN. Generasi muda Indonesia memegang peran kunci dalam membangun masa depan ASEAN yang lebih baik,” ujarnya dalam acara Gemuruh Musik ASEAN 2023, yang berlangsung secara hibrida dari Anjungan Sarinah, Jakarta Pusat, Rabu (30/08/2023) malam.

    Menurut Dirjen IKP Kementerian Kominfo, terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah KTT ke-43 ASEAN menunjukkan bukti Indonesia memiliki peran dan potensi penting dalam mewujudkan tujuan pembentukan ASEAN, yaitu menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil, dan sejahtera. 

    “Indonesia itu ukuran besar di dalam percaturan dunia dengan kepercayaan menjadi panitia tempat penyelenggaraan dua KTT ASEAN berturut-turut di Labuan Bajo dan akan datang di Jakarta. Apalagi, sebelumnya kita juga memegang kepercayaan sebagai Presidensi G20. Makanya, tema yang kita angkat itu ASEAN Matters Epicentrum of Growth. ASEAN Matters itu lebih ke geopolitik, sedangkan Epicenterum of Growth itu lebih kegiatan geoekonomi,” jelasnya.

    Dirjen Usman Kansong menyatakan negara anggota ASEAN kaya akan budaya, bahasa, dan tradisi yang beragam. Menurutnya, warisan kekayaan ini harus dihargai dan dijaga oleh anak-anak muda Indonesia. 

    “Dengan memahami perbedaan, akan memperkuat persatuan dan integrasi ASEAN. Nah, untuk menyeragamkan perbedaan itu, kita buat program-program diskusi-diskusi ringan di Sulawesi Utara dan Kalimantan Barat yang berbatasan dengan negara-negara tetangga,” ungkapnya.

    Oleh karena itu, Dirjen IKP Kementerian Kominfo menilai pertunjukan musik menjadi salah satu upaya untuk mengenalkan kepada anak muda mengenai peran Indonesia dalam ASEAN.  Menurutnya konser itu merupakan upaya pemerintah guna mengenalkan rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN kepada generasi muda.

    “Ini sebetulnya adalah rangkaian sosialisasi KTT ASEAN ke-43. Jadi kita ini ingin juga merangkul anak-anak muda untuk mengetahui, minimal mereka lebih memahami ASEAN dengan bahasa mereka lah, salah satunya lewat musik. Ini sekaligus untuk "membumikan" ASEAN kepada kalangan mereka dengan cara yang asyik dan disukai,” tuturnya.

    Dalam Acara Gemuruh Musik ASEAN 2023, Dirjen IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong didampingi Sekretaris Ditjen IKP Sumiati, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen IKP Hasyim Gautama, Direktur Pengelolaan Media Ditjen IKP Nursodik Gunaryo, serta Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Ditjen IKP Septriana Tangkary.

    Hadir pula dalam acara Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aptika Kementerian Kominfo Bonie Pudjianto dan Direktur Kerja Sama Politik dan Keamanan ASEAN Kementerian Luar Negeri Rolliansyah Soemirat.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id


    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 315/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Jaga Standar Keamanan Perangkat Telekomunikasi, Menkominfo Tekankan Kolaborasi

    IDTH akan berperan optimal sebagai wadah kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, industri, UMKM, akademisi, serta masyarakat dalam pengemb Selengkapnya

    Siaran Pers No. 314/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Uji Publik RPM mengenai Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module (ESIM)

    Tanggapan terhadap Uji Publik Rancangan Peraturan Menteri tentang Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module oleh Penyelengga Selengkapnya

    Siaran Pers No. 313/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Terlengkap se-Asia Tenggara, Menteri Budi Arie Harap IDTH Jadi Rujukan Internasional

    Menkominfo Budi Arie Setiadi berharap IDTH dapat menjadi laboratorium rujukan untuk pengujian perangkat telekomunikasi di tingkat internasio Selengkapnya

    Siaran Pers No. 312/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Menkominfo: Perempuan Indonesia Jadi Penggerak Kemajuan Digital

    Guna menghadirkan pemanfaatan AI yang lebih inklusif bagi kaum perempuan, Kementerian Kominfo menyiapkan berbagai program pengembangan sumbe Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA