FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 09-2023

    739

    Kembangkan 5G, Menkominfo Buka Peluang Kerja Sama Investasi

    SIARAN PERS NO. 262/HM/KOMINFO/09/2023
    Kategori Siaran Pers
    Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam Forum China Mobile SEA Cooperation Conference, di Hotel Mulia, Jakarta Pusat, Jumat (01/09/2023).

    Siaran Pers No. 262/HM/KOMINFO/09/2023

    Jumat, 1 September 2023

    tentang

    Kembangkan 5G, Menkominfo Buka Peluang Kerja Sama Investasi 

    Saat ini pemerintah tengah melakukan pembangunan infrastruktur digital agar adil dan merata. Guna mempercepat transformasi digital nasional, Indonesia membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak.  

    Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan hal itu ditujukan agar inovasi teknologi dapat berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan. 

    "Pemerintah mengambil kebijakan pengembangan dan penyebaran teknologi 5G sebagai fondasi untuk revolusi digital, seperti smart underground mining, smart manufacture, dan bedah teleskopik," ujarnya dalam Forum China Mobile SEA Cooperation Conference, di Hotel Mulia, Jakarta Pusat, Jumat (01/09/2023).

    Menkominfo menyatakan saat ini, penyebaran jaringan 5G telah diimplementasikan di 49 kota di seluruh Indonesia. Menurutnya, Indonesia membuka peluang bekerja sama dengan berbagai pihak untuk saling bertukar pengetahuan, berbagi praktik terbaik, dan secara kolektif mengatasi tantangan implementasi teknologi 5G.

    "Kami siap bekerja sama dengan para pelopor industri seperti China Mobile, dan para pemangku kepentingan global dan domestik lainnya," ungkapnya. 

    Menteri Budi Arie menegaskan potensi pasar Indonesia sangat besar dan Pemerintah memiliki komitmen untuk membina lingkungan bisnis yang kondusif.

    "(Ini) menjadikan Indonesia sebagai tujuan yang menarik bagi mereka yang ingin berinvestasi dan berinovasi di bidang telekomunikasi," tuturnya. 

    Menurut Menkominfo, ekonomi digital Indonesia berkembang pesat di tengah pandemi. 

    "Meskipun terjadi penurunan di semua sektor nasional, sektor informasi dan komunikasi telah menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa," ujarnya menekankan peluang investasi di sektor ekonomi digital.  

    Bahkan, sumberdaya manusia Indonesia berkembang dengan pesat. Menurut Menteri Budi Arie hampir 71% dari populasi berusia produktif dan usia kerja, Indonesia siap untuk memetik keuntungan dari dividen demografis pada tahun 2030.

    Oleh karena itu, Menkominfo mengajak untuk berkolaborasi dan bersama-sama menciptakan dunia digital yang memberdayakan setiap individu.

     "Leaving no one behind, tanpa meninggalkan siapa pun," tandasnya.

    Sebelumnya, Menteri Budi Arie mengapresiasi forum yang  mempertemukan para ahli, pemimpin, dan visioner dari seluruh dunia. Menurutnya tema konferensi relevan dengan perkembangan dunia yang ditopang dengan infrastruktur digital agar memajukan pertumbuhan ekonomi, menginspirasi inovasi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.*

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 315/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Jaga Standar Keamanan Perangkat Telekomunikasi, Menkominfo Tekankan Kolaborasi

    IDTH akan berperan optimal sebagai wadah kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, industri, UMKM, akademisi, serta masyarakat dalam pengemb Selengkapnya

    Siaran Pers No. 314/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Uji Publik RPM mengenai Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module (ESIM)

    Tanggapan terhadap Uji Publik Rancangan Peraturan Menteri tentang Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module oleh Penyelengga Selengkapnya

    Siaran Pers No. 313/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Terlengkap se-Asia Tenggara, Menteri Budi Arie Harap IDTH Jadi Rujukan Internasional

    Menkominfo Budi Arie Setiadi berharap IDTH dapat menjadi laboratorium rujukan untuk pengujian perangkat telekomunikasi di tingkat internasio Selengkapnya

    Siaran Pers No. 312/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Menkominfo: Perempuan Indonesia Jadi Penggerak Kemajuan Digital

    Guna menghadirkan pemanfaatan AI yang lebih inklusif bagi kaum perempuan, Kementerian Kominfo menyiapkan berbagai program pengembangan sumbe Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA