FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 09-2023

    488

    Perkuat Sinergi Pemberitaan, Menkominfo Resmikan ASEAN Newsroom

    SIARAN PERS NO. 275/HM/KOMINFO/09/2023
    Kategori Siaran Pers
    Menkominfo Budi Arie Setiadi saat meresmikan secara simbolis di Media Center KTT ke-43 ASEAN, Hall B Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Senin (04/09/2023).Peresmian dilakukan bersama dengan Wamenkominfo Nezar Patria, Direktur Utama LKBN Achmad Munir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah, dan Direktur Jenderal Inforamsi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong, - (PeyHS)

    Siaran Pers No. 275/HM/KOMINFO/09/2023

    Senin, 4 September 2023

    tentang

    Perkuat Sinergi Pemberitaan, Menkominfo Resmikan ASEAN Newsroom 

    Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi meresmikan ASEAN Newsroom atau Kantor Berita ASEAN. Pembentukan ASEAN Newsroom merupakan inisiatif Keketuaan Indonesia Tahun 2023 untuk mendorong partisipasi dan memperkuat sinergi antar kantor berita negara anggota ASEAN.

    “Melalui ASEAN Newsroom diharapkan kerja sama antar kantor berita dalam bertukar informasi maupun saling mengamplifikasi berita dapat menjadi lebih mudah berjalan  sekaligus memperluas cakupan pemberitaan,” ujarnya saat meresmikan secara simbolis di  Media Center KTT ke-43 ASEAN, Hall B Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Senin (04/09/2023).

    Dengan pergeseran dari nilai yang semula berfokus pada negara menjadi fokus pada masyarakat, Menteri Budi Arie mengharapkan akan dapat meningkatkan partisipasi yang lebih luas dalam berbagai agenda ASEAN ke depan.  

    “Juga diharapkan dapat memupuk kebersamaan antarmasyarakat kawasan Asia Tenggara. Saling mengekspos hal-hal yang baik, menjadi inspirasi buat negara lain di ASEAN,” ungkapnya. 

    Lebih dari itu, Menkominfo menyatakan pembentukan ASEAN Newsroom akan dapat meningkatkan solidaritas antarkantor berita ASEAN sekaligus memperluas cakupan pemberitaan.

    “Selain sebagai wadah kerja sama, ASEAN Newsroom yang diinisiasi oleh Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 juga ditujukan untuk menyebarluaskan beragam program, kinerja, dan capaian kawasan Asia Tenggara melalui pemberitaan yang aktual, faktual, dan terpercaya,” jelasnya.

    Bahkan, dalam jangka panjang, Menkominfo menyatakan keberadaan ASEAN Newsroom akan dapat mewujudkan sesuai dengan visi ASEAN untuk melibatkan masyarakat atau people centered.

    “ASEAN Newsroom dapat memperkokoh keberadaan ASEAN untuk jangka panjang, maka ini harus juga ke masyarakatnya, jangan cuman di tingkat negara. Orang-orang atau masyarakat di ASEAN perlu pemberitaan dari seluruh negara-negara ASEAN,” tandasnya.

    Menurut Menteri Budi Arie Setiadi, keberadaan ASEAN Newsroom akan dibentuk secara permanen dan beroperasi di Jakarta Pusat dengan kantor di Gedung LKBN Antara.

    “ASEAN Newsroom ini dicetuskan saat Keketuaan Indonesia 2023. Kita kan fondasinya sudah terbentuk, kita terus sosialisasikan ke masyarakat,” ungkapnya.

    Selama KTT ke-43 ASEAN, Kementerian Kominfo menghadirkan ASEAN Newsroom Corner di Media Center. Tugas pertama ASEAN Newsroom menyukseskan pelaksanaan dan peliputan agenda selama KTT ASEAN ke-43.

    Dalam peresmian itu hadir Wamenkominfo Nezar Patria, Direktur Utama LKBN Akhmad Munir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah, dan Direktur Jenderal Inforamsi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 315/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Jaga Standar Keamanan Perangkat Telekomunikasi, Menkominfo Tekankan Kolaborasi

    IDTH akan berperan optimal sebagai wadah kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, industri, UMKM, akademisi, serta masyarakat dalam pengemb Selengkapnya

    Siaran Pers No. 314/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Uji Publik RPM mengenai Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module (ESIM)

    Tanggapan terhadap Uji Publik Rancangan Peraturan Menteri tentang Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module oleh Penyelengga Selengkapnya

    Siaran Pers No. 313/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Terlengkap se-Asia Tenggara, Menteri Budi Arie Harap IDTH Jadi Rujukan Internasional

    Menkominfo Budi Arie Setiadi berharap IDTH dapat menjadi laboratorium rujukan untuk pengujian perangkat telekomunikasi di tingkat internasio Selengkapnya

    Siaran Pers No. 312/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Menkominfo: Perempuan Indonesia Jadi Penggerak Kemajuan Digital

    Guna menghadirkan pemanfaatan AI yang lebih inklusif bagi kaum perempuan, Kementerian Kominfo menyiapkan berbagai program pengembangan sumbe Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA