FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 09-2023

    388

    Menlu RI dan Menlu Bangladesh Bahas Kerja Sama Energi dan Perdagangan

    Kategori Rilis Media GPR | Viska
    Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu Menteri Luar Negeri Bangladesh Abdul Momen guna membahas kerja sama di bidang energi dan perdagangan serta isu kawasan. Bangladesh hadir di KTT ASEAN sebagai Guest of Chair selaku ketua Indian Ocean Rim Association (IORA), sekaligus menyaksikan penandatanganan MoU antara Sekretariat ASEAN dan Sekretariat IORA. - (Foto: Kemlu/Abi)

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT KE-43 ASEAN 2023

    No.72/SP/TKM-ASEAN2023/INA/9/2023

    Menlu RI dan Menlu Bangladesh Bahas Kerja Sama Energi dan Perdagangan

     

    Jakarta, 5 September 2023 – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi bertemu Menteri Luar Negeri Bangladesh Abdul Momen di Jakarta (4/9/2023). Kedua Menlu membahas kerja sama di bidang energi dan perdagangan serta isu kawasan.

    Pada pertemuan tersebut dilakukan penandatanganan MoU Kerja Sama Energi antara kedua negara yang diharapkan dapat mendorong investasi di sektor energi. Kedua Menlu sepakat mengimplementasikan MoU tersebut secepatnya, termasuk dengan memfasilitasi investasi BUMN Indonesia untuk pembangunan pembangkit listrik di Bangladesh.

    Saat ini Indonesia dan Bangladesh tengah menegosiasikan Preferential Trade Arrangements (PTA) untuk perkuat kerja sama perdagangan. Kedua Menlu sepakat mempercepat negosiasi PTA dengan target penyelesaian tahun ini. Bangladesh menyampaikan keinginan untuk belajar budaya bahari (marine culture) dari Indonesia.

    Terkait isu kawasan, Menlu RI sampaikan apresiasi atas dukungan Bangladesh terhadap keketuaan Indonesia di ASEAN dan komitmen Bangladesh memperkuat kemitraan dengan ASEAN. Kedua Menlu sepandangan mengenai pentingnya implementasi konkret ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran kawasan.

    Bangladesh hadir di KTT ASEAN sebagai Guest of Chair selaku Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA), sekaligus menyaksikan penandatanganan MoU antara Sekretariat ASEAN dan Sekretariat IORA.

    ***

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri – Hartyo Harkomoyo (0811831899)

    Dapatkan informasi lainnya di  http://asean2023.id, https://infopublik.id/kategori/asean-2023, dan https://indonesia.go.id/kategori/ragam-asean-2023

    Berita Terkait

    Pertemuan Tingkat Menteri, Menlu RI: AIS Forum Harus Jadi Mercu Suar Kerja Sama Hadapi Tantangan Global

    Menlu menegaskan fokus pertemuan pada tiga topik, sesuai dalam tema "Fostering Collaboration, Enabling Innovation, for our Ocean and Our Fut Selengkapnya

    Gelar KTT di Bali, Ini Kerja Sama yang Diusung AIS Forum

    AIS Forum juga dikatakannya akan membagikan solusi-solusi sederhana yang inovatif dan sudah terbukti sukses di satu wilayah. Selengkapnya

    Pengamat: KTT AIS agar Capai Kerja Sama Peningkatan Kapasitas Wisata Pesisir

    KTT AIS yang digelar pada 10-11 Oktober 2023 di Nusa Dua, Bali pun dapat menjadi ajang promosi wisata pesisir di Indonesia. Selengkapnya

    Indonesia dan Vietnam Sepakati Kerja Sama Pemanfaatan Ruang Digital untuk ASEAN

    Kerja sama dan kolaborasi di ASEAN diperlukan untuk mengatasi kejahatan digital Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA