FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 10-2023

    181

    Pengamanan KTT AIS Forum 2023 Terkendali

    Kategori Rilis Media GPR | mth
    Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau sejumlah fasilitas dan area dilaksanakannya KTT Archipelagic and Island States (AIS) Forum, di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Senin (09/10/2023). - (DRA)

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT AIS FORUM 2023

    No.46/SP/TKM-AISFORUM2023/10/2023

     

    Pengamanan KTT AIS Forum 2023 Terkendali

    Badung, 9 Oktober 2023 Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Laksamana TNI Yudo Margono meminta jajarannya memastikan pelaksanaan pengamanan kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum terkendali.

    Hal tersebut ditegaskan Panglima saat bersama Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin Tactical Floor Game (TFG), Minggu (8/10/2023) terkait rencana pengamanan VVIP KTT AIS Forum yang akan digelar pada 10-11 Oktober 2023.

    "Pahami rencana-rencana kontijensi sebagai langkah antisipasi jika terjadi dinamika di lapangan serta identifikasi daerah rawan dan laksanakan pengamanan di seputar daerah tersebut," tegas Panglima TNI.

    TGF yang dihadiri para Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TNI dan POLRI, instansi pemerintah serta pihak terkait lainnya pun dikatakan Panglima adalah untuk meyakinkan kesiapan masing-masing Satuan Tugas (Satgas) yang terlibat dalam KTT AIS Forum  dapat mengantisipasi setiap dinamika yang mungkin muncul selama KTT berlangsung.

    Untuk itu Panglima menekankan bahwa TGF bukanlah drill, latihan atau simulasi, tapi adalah hal nyata dan tidak bisa diulang sehingga semua harus benar-benar diyakinkan berjalan dengan baik dan mampu mengantisipasi setiap dinamika yang terjadi.

    Pada kesempatan tersebut Panglima TNI juga menegaskan bahwa dalam pelaksanaannya nanti tidak akan ada pembatasan aktifitas sosial, baik untuk wisatawan maupun masyarakat Bali selama KTT AIS Forum berlangsung.

    "Tidak ada pembatasan, hanya saja nanti saat pergerakan konvoi delegasi mulai dari bandara menuju hotel serta tempat berlangsungnya KTT akan sedikit terganggu. Namun saya rasa masyarakat Bali sudah terbiasa, karena di Bali sudah beberapa kali dilaksanakan KTT”, ujar Panglima TNI.

    Sementara Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menambahkan pihaknya akan mengantisipasi isu-isu yang berkembang di dalam maupun luar negeri sehingga tidak mengganggu KTT AIS Forum.

    “Saya bersama Panglima tentunya akan melaksanakan kegiatan pengamanan seoptimal mungkin sehingga seluruh rangkaian kegiatan akan berjalan dengan baik, isu-isu yang dibahas akan menghasilkan keputusan strategis," kata Sigit.

    ***

    Tentang AIS Forum:

    Archipelagic and Island States (AIS) Forum adalah sebuah wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global dengan empat area utama, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang baik. KTT AIS Forum diadakan untuk menguatkan peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif, serta sebagai platform gotong royong dalam mendorong agenda masa depan tata kelola laut global.

     

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong  (0816785320).

     

    Dapatkan siaran pers, narasi, foto, dan video terkait KTT AIS Forum 2023 di https://s.id/aispedia

    Berita Terkait

    Desain Nuansa Lautan di KTT AIS Forum

    Nuansa kejutan juga hadir di lobi, saat para tamu negara disambut suasana laut yang tersuguh di dinding hingga mencapai langit-langit, lewat Selengkapnya

    KTT AIS Forum 2023 Sepakati Peningkatan Kerja Sama Inklusif, Setara, dan Solid

    Dukungan penuh Indonesia untuk Deklarasi ini juga dikatakan Presiden sebagai wujud komitmen Indonesia mendorong kerja sama yang sudah terjal Selengkapnya

    Keberhasilan Kolaborasi Penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023

    Kesuksesan KTT bisa dinilai dari kelancaran pelaksanaan acara dan juga keindahan dan kenyamanan tata ruang tempat konferensi diselenggarakan Selengkapnya

    Tiga Pesan Presiden RI di KTT AIS Forum

    Ketiganya bisa menjadi panduan arah kerja sama dan kolaborasi negara Pulau dan kepulauan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA