FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 12-2023

    571

    Perkuat Kolaborasi Lintas Sektor, Kominfo Luncurkan Visi Indonesia Digital 2045

    SIARAN PERS NO. 567/HM/KOMINFO/12/2023
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 567/HM/KOMINFO/12/2023

    Rabu, 13 Desember 2023

    tentang 

    Perkuat Kolaborasi Lintas Sektor, Kominfo Luncurkan Visi Indonesia Digital 2045

    Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi meluncurkan dokumen Visi Indonesia Digital (VID) 2045. Peluncuran dokumen strategi berisi rekomendasi arah kebijakan dan strategi nasional bidang digital tersebut dilakukan bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

    “Saya harap VID 2045 ini dapat menjadi acuan seluruh pemangku kepentingan dalam membuat sekaligus mengimplementasikan berbagai kebijakan untuk menyukseskan transformasi digital Indonesia,” ungkap Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam sambutan Launching Visi Indonesia Digital 2045 di Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2023).

    Menurut Menkominfo, VID 2045 dirancang dengan memperhatikan prioritas pembangunan pada berbagai dokumen strategis bidang digital yang ada. Dokumen meliputi Rencana Induk Pengembangan Industri Digital Indonesia yang disusun Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) serta Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030 yang diterbitkan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian awal Desember lalu. 

    “Seluruh dokumen tersebut merupakan upaya baik yang patut diapresiasi. Selanjutnya bagaimana implementasinya dapat dilakukan secara sinergis dan kolaboratif. VID 2045 menawarkan alternatif guna memperkaya upaya dan strategi yang sudah ada, dengan menyoroti pemanfaatan teknologi digital secara produktif dan terarah,” jelasnya.

    VID 2045 menggambarkan analisis terhadap identifikasi isu relevan, perkembangan tren teknologi, peluang, serta pertimbangan terhadap dampak ekonomi, sosial, dan budaya dalam penyelenggaraan transformasi digital. 

    “Melalui tiga pendekatan utama, VID 2045 menyajikan strategi konkret untuk mencapai target nasional jangka panjang Indonesia, yakni pendekatan ekosistem, pendekatan sektoral, dan pendekatan kewilayahan,” ungkap Menteri Budi Arie.

    Menkominfo menyatakan proses analisis dilakukan dengan pertimbangan kondisi baseline, tren ke depan, dan aspirasi yang ingin dicapai. 

    “Perancangan arah kebijakan di dalam perspektif pengembangan pilar-pilar ekosistem digital nasional, perspektif sektoral, hingga perspektif kewilayahan,” tuturnya. 

    Adapun penentuan sasaran dan arah kebijakan diupayakan cukup memberikan ruang pada perkembangan teknologi digital. Namun, Menteri Budi Arie menekankan semua itu tetap dalam koridor pengendalian yang ditujukan untuk kemaslahatan masyarakat Indonesia secara menyeluruh.  

    “Dokumen strategis ini merefleksikan semangat kolaboratif dalam mewujudkan transformasi digital Indonesia yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan,” tandasnya. 

    Peluncuran Visi Indonesia Digital 2045 disaksikan pemangku kepentingan bidang digital, baik kementerian, lembaga, perwakilan sektor industri, praktisi dan asosiasi, perwakilan organisasi perangkat daerah, hingga akademisi.

    Dokumen Visi Indonesia Digital 2045 dapat diunduh melalui situs digital2045.id

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id  

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 315/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Jaga Standar Teknis Keamanan Perangkat Telekomunikasi, Menkominfo Tekankan Kolaborasi

    IDTH akan berperan optimal sebagai wadah kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, industri, UMKM, akademisi, serta masyarakat dalam pengemb Selengkapnya

    Siaran Pers No. 314/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Uji Publik RPM mengenai Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module (ESIM)

    Tanggapan terhadap Uji Publik Rancangan Peraturan Menteri tentang Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module oleh Penyelengga Selengkapnya

    Siaran Pers No. 313/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Terlengkap se-Asia Tenggara, Menteri Budi Arie Harap IDTH Jadi Rujukan Internasional

    Menkominfo Budi Arie Setiadi berharap IDTH dapat menjadi laboratorium rujukan untuk pengujian perangkat telekomunikasi di tingkat internasio Selengkapnya

    Siaran Pers No. 312/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Menkominfo: Perempuan Indonesia Jadi Penggerak Kemajuan Digital

    Guna menghadirkan pemanfaatan AI yang lebih inklusif bagi kaum perempuan, Kementerian Kominfo menyiapkan berbagai program pengembangan sumbe Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA