FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 01-2024

    79

    Gelombang 10 Meter Terjang Jakarta Pusat Awal Januari 2024? Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten unggahan video di platform YouTube berisi informasi gelombang setinggi 10 meter kembali menerjang Jakarta Pusat pada awal Januari 2024.

    Faktanya, klaim tersebut tidak benar. Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari turnbackhoax.id, narator dalam video tersebut membacakan sebuah artikel milik Antara News berjudul “BMKG: Waspada gelombang hingga 4 Meter di perairan RI 10 s.d. 11 Januari”. Artikel tersebut menjelaskan mengenai himbauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kepada masyarakat pesisir, khususnya nelayan, untuk mewaspadai gelombang tinggi hingga empat meter di beberapa perairan Indonesia pada 10 s.d. 11 Januari 2024.

    BMKG meminta masyarakat untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, salah satunya terkait dengan moda transportasi seperti perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, dan kapal pesiar.

    Berikut laporan harian isu hoaks, dan disinformasi yang telah didentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Sabtu (20/01/2024):

    1. [HOAKS] Gelombang Setinggi 10 Meter Terjang Jakarta Pusat pada Awal Januari 2024
    2. [HOAKS] Gempa Bumi Guncang Manggarai NTT pada 17 Januari 2024
    3. [HOAKS] Laga Ulang Indonesia vs Iraq di Piala Asia 2023

    Berita Terkait

    UNHCR Terjerat Keimigrasian? Itu Hoaks!

    UU Keimigrasian tidak dapat digunakan untuk menjerat UNHCR sebab pengungsi Rohingya bukanlah imigran ilegal yang diselundupkan. Selengkapnya

    Tak Perlu Pasang Ring, Cukup Ramuan Bawang Putih? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Serpihan Logam dalam Makanan Bayi? Awas Hoaks!

    Video tersebut beredar dengan narasi bahwa makanan bayi tersebut mengandung logam. Selengkapnya

    Detik-detik Jembatan Suramadu Ambruk, Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim Jembatan Suramadu ambruk ditabrak kapal kargo adalah tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA