FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 02-2024

    1771

    Beredar Hasil Exit Poll Pilpres 2024 di Luar Negeri? Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten unggahan berupa foto di media sosial X/Twitter yang menampilkan hasil perhitungan sementara atau exit poll Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024 di luar negeri. Hasil itu merupakan rekapitulasi dari Tempat Pemungutan Suara di Australia, Hongkong, Arab Saudi dan Timur Tengah, Eropa non UK, Amerika Selatan, Amerika Serikat, dan Timor Leste. 

    Konon, dalam hasil perhitungan Pilpres 2024 di luar negeri tersebut, pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ganjar Prabowo-Mahfud MD unggul di Australia, Hongkong, Eropa non-UK, Amerika, dan Timor Leste serta pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar unggul di Arab Saudi dan Timur Tengah. 

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik mengatakan informasi yang diklaim dalam unggahan foto yang beredar adalah tidak benar atau hoaks.  Lebih lanjut, Ketua KPU Hasyim Asy'ari menegaskan bahwa KPU melarang adanya hasil exit poll atau survei terkait Pemilu pada masa tenang. 

    Merujuk Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024 disebutkan bahwa masa tenang Pemilu 2024 dimulai pada Minggu, 11 Februari 2024.

    Berikut laporan harian isu hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Minggu  (11/02/2024):

    1. [HOAKS] Hindari Penumpang Pendukung AMIN ke JIS, 49 Kereta Api Diliburkan sampai Tanggal 11 Februari 2024
    2. [HOAKS] Pangkalan Bus Budiman Dibakar Orang karena Mendukung Anies Baswedan
    3. [HOAKS] Hasil Exit Poll Pilpres 2024 di Luar Negeri Sebelum 14 Februari
    4. [HOAKS] Hasil Exit Poll Pemilu 2024 di Luar Negeri
    5. [HOAKS] Ribuan Warga Madura dan Jawa Timur Turun ke Jalan Boikot Kampanye Prabowo - Gibran

    Berita Terkait

    UNHCR Terjerat Keimigrasian? Itu Hoaks!

    UU Keimigrasian tidak dapat digunakan untuk menjerat UNHCR sebab pengungsi Rohingya bukanlah imigran ilegal yang diselundupkan. Selengkapnya

    Gempabumi Magnitudo 9,8 Guncang Labuan Bajo? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim yang beredar tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Peringatan Thailand Soal Vaksin Covid-19 Picu Kanker dan Tumor Otak? Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim yang beredar itu tidak benar. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Hasil Perolehan Sementara Pilpres 2024 Dapil Luar Negeri

    Hasyim Asyari menegaskan pemungutan suara di luar negeri memang dilakukan lebih awal, namun penghitungan suara di luar negeri dilakukan bers Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA