FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 04-2024

    116

    Menkominfo: Optimalkan Peluang Jadi Pemain Kunci Pengembang Teknologi Global

    SIARAN PERS NO. 267/HM/KOMINFO/04/2024
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 267/HM/KOMINFO/04/2024

    Kamis, 18 April 2024

    tentang

    Menkominfo: Optimalkan Peluang Jadi Pemain Kunci Pengembang Teknologi Global

    Kehadiran investor dari industri teknologi global membawa peluang besar untuk menjadikan Indonesia sebagai pemain kunci pengembang teknologi global.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan kehadiran perusahaan-perusahaan teknologi global dalam berinvestasi di Indonesia merupakan langkah untuk mewujudkan Indonesia sebagai salah satu pemain utama dalam ekosistem pengembangan teknologi digital global.

    "Tujuan kita adalah menempatkan Indonesia sebagai salah satu key player ekosistem pengembangan teknologi digital global," jelasnya dalam Diskusi Tech A Look di CNBC Indonesia TV secara daring dari Kantor Kementerian Kominfo Jakarta Pusat, Kamis (18/04/2024).

    Menteri Budi Arie meyakini Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi besar untuk terus berkembang dalam sektor digital. Menurutnya, kunjungan CEO Apple Tim Cook menunjukkan bahwa Apple melihat Indonesia sebagai negara yang strategis untuk pengembangan industri teknologi dan potensi sumberdaya manusia.

    "Apple menilai Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi besar untuk terus berkembang," tandasnya.

    Menkominfo menunjukkan keberadaan Apple Developer Academy di empat kota di Indonesia yaitu Batam, Surabaya, Tangerang Selatan, dan Bali.

    "Hal ini juga dapat dilihat dari investasi Apple pada Apple Developer Academy yang menunjukkan bahwa Apple menilai sumberdaya manusia Indonesia ini sangat potensial dan kreatif untuk terus dikembangkan," jelasnya.

    Menteri Budi Arie memastikan pemerintah berkomitman dan selalu membuka diskusi dengan Apple dan seluruh perusahaan multinasional yang Ingin berinvestasi di Indonesia.

    "Pemerintah Indonesia selalu terbuka untuk berdiskusi lebih lanjut untuk menyederhanakan, menyelaraskan, mempercepat, berbagai proses-proses yang dibutuhkan oleh Apple sebagai korporasi multinasional untuk melakukan investasi di Indonesia," tegasnya.

    Melalui dukungan Pemerintah tersebut, Menkominfo mengharapkan lebih banyak lagi perusahaan teknologi global lain yang melakukan investasi atau membangun pabrik di Indonesia.

    "Besaran investasi Apple pasti disesuaikan dengan kebutuhan dan prospek kegiatan ekonomi yang Apple pertimbangkan untuk dilakukan di Indonesia. Tentunya, besaran investasi tersebut akan disesuaikan dengan aturan," jelasnya.

    Menteri Budi Arie menilai ada banyak keuntungan jangka panjang dari raksasa teknologi yang beroperasi di Indonesia. Bahkan menurutnya, digitaliasi di Indonesia tidak akan tertinggal dengan negara-negara maju di dunia.

    "Digitalisasi ini mengisyaratkan bahwa setiap negara harus menyiapkan dirinya supaya tidak keluar dari kemajuan global. Kita menyadari betul bahwa kemajuan teknologi ini betul-betul tanpa batas, termasuk juga diskusi tentang pengembangan artificial intelligence," tuturnya.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id
     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 307/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Komitmen Investasi Rp28 T, Menteri Budi Arie: Microsoft Kembangkan AI dan Cloud di Indonesia

    Menurut Menteri Budi Arie, komitmen investasi Microsoft menjadi angin segar bagi pertumbuhan dan pengembangan ekosistem digital khususnya te Selengkapnya

    Siaran Pers No. 306/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Perkuat Transformasi Digital, Indonesia Galang Kerja Sama Perusahaan Global

    Perusahaan teknologi global memungkinkan penguatan dalam aspek infrastruktur dan sumberdaya manusia. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 305/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Dampingi Presiden Terima Kunjungan CEO Microsoft, Menkominfo: Bahas Eksosistem Teknologi

    Menurut Menteri Budi Arie kerja sama pengembangan sumberdaya manusia akan difokuskan pada peningkatan jumlah dan kompetensi talenta digital Selengkapnya

    Siaran Pers No. 302/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kembangkan Infrastruktur Hijau, Kominfo Bangun Kota Cerdas dan PDH

    Saat ini Kementerian Kominfo telah mengembangkan program kota cerdas atau smart city dan pembangunan Pusat Data Hijau (PDH). Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA