FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 10-2015

    2855

    Pangkas Dwelling Time, Menteri Luncurkan Portal Single Window

    Kategori Sorotan Media | Devy Kurnia

    JawaPos.com - Portal baru bernama Indonesia Single Window (INSW) resmi diterbitkan Rabu (30/9) di gedung Juanda Kementerian Keuangan, Jakarta pusat. Website pemerintah diluncurkan untuk memuluskan ekspor-impor di pelabuhan.

    Peluncuran Portal INSW (www.insw.go.id) dihadiri Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara.

    "Sistem INSW adalah integrasi ekspor dan impor dari semua Kementerian Lembaga (KL) yang mencakup tentang izin, kepabeanan dan pengelolaan barang," kata Bambang dalam launching penerapan single submission, Rabu (30/9).

    Menurutnya, portal INSW telah lama didirikan. Hanya ada pembaharuan dan penambahan beberapa fitur untuk kepentingan dunia usaha

    "Perubahan ini untuk meningkatkan kualitas layanan terutama menyediakan aturan dan regulasi,"‎ jelas Bambang.

    Selain peresmian portal, lanjut Bambang, pihaknya juga membentuk Satuan Kerja Pengelola Portal (Satker PP INSW) dipimpin Djatmiko dibantu sekretaris dan tiga deputi.

    "Satker PP INSW adalah lembaga permanen nonstruktural bertanggung jawab ke Menkeu sesuai PP No.76 tahun 2014," ‎ungkapnya.

    Ia mengaku peluncuran INSW untuk menghindari masalah dwelling time di Tanjung Priok.

    "Kami minta agar portal INSW mengambil langkah strategis untuk ikut atasi masalah dwell time. Diaharapakn ekspor impor berlangsung lebih transparan‎, cepat dan mudah," imbuh Bambang. (hyt/jpg)

    Sumber: http://www.jawapos.com/read/2015/09/30/5375/pangkas-dwelling-time-menteri-luncurkan-portal-single-window/2

    Berita Terkait

    Peran Penting IoT untuk Industri dan Pemerintah Indonesia

    Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) Teguh Prasetya menilai peran Internet of Things (IoT) sangat penting untuk industri dan juga peme Selengkapnya

    Tol Langit Palapa Ring Jembatani Jurang Digital di Indonesia

    Rampungnya pembangunan tol langit Palapa Ring yang diwujudkan dengan pembangunan jaringan fiber optik di seluruh Indonesia diharapkan mampu Selengkapnya

    5 Anak Perempuan Ambil Alih Posisi Menteri, Dubes dan Pemimpin Redaksi

    Lima anak perempuan terpilih, mengambil alih posisi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Duta Besar Swedia untuk Indonesia, pimp Selengkapnya

    Tangkal Hoax, Pemerintah Imbau Humas Kementerian Gunakan Pendekatan Budaya

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA