FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 04-2016

    2720

    Kominfo Dukung Sinergi Aksi Untuk Ekonomi Rakyat

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika akan meluncurkan layanan aplikasi guna mendukung Program Sinergi Aksi Untuk Ekonomi Rakyat. Program itu ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup pelaku usaha di pedesaan, terutama petani, peternak, dan nelayan. 

    Beberapa program yang disinergikan dalam kegiatan peluncuran di Kecamatan Larangan, Brebes, Jawa Tengah, Senin (11/04/2016) besok itu antara lain sinergi atas Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Program Financial Inclusion atau pendalaman pasar keuangan. Selain itu ada percepatan penyediaan sertifikat lahan bagi pelaku usaha melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR). Dengan adanya lahan bersertifikat maka nilai aset mereka akan naik sehingga bisa dijadikan agunan bernilai bagi program KUR.

    Dalam bidang komunikasi dan informatika, pemerintah akan mulai mengenalkan petani dengan distribusi perdagangan menggunakan sistem online (e-commerce). Ide tersebut dimaksudkan untuk memangkas rantai distribusi komoditas pangan dan menjaga harga tetap stabil. 

    Sekretaris Menko Perekonomian, Lukita Dinasyah Tuwo menjelaskan, saat ini sudah banyak anak muda kreatif yang mengembangkan aplikasi untuk petani. Salah satu contohnya yakni limakilo.id yang menawarkan kemudahan distribusi untuk petani memasarkan hasil panennya.

    "Misalnya, dia menawarkan pada petani bisa lebih menyediakan bawang yang berkualitas. Jadi mereka mensortir bawang yang bagus, inilah kemudian di upload dipasarkan limakilo.id. Setelah di-upload akan ada pembeli yang tertarik, nanti ada kurir, seperti macam Gojek dan sebagainya," ujar Lukita di Jakarta, Senin (04/04/2016) lalu.

    Pemilihan lokasi di Brebes, Jawa Tengah sebagai pilot project atau percontohan, karena Brebes merupakan sentra produksi bawang yang besar. Selama ini bawang merupakan salah satu komoditas pokok nasional.

    Presiden Joko Widodo rencananya yang akan secara langsung meluncurkan program tersebut di kota pertama, Brebes pada Senin, (11/04/2016) besok. Dalam peluncuran tersebut, dijadwalkan akan banyak menteri yang menghadiri, terutama menteri-menteri di bidang ekonomi.

     

    Keterangan Foto: Menkominfo Rudiantara menuju Cirebon dengan Kereta Cirebon Ekspres bersama Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Perindustrian Saleh Husein, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik R. Niken Widiastuti, Minggu (10/04/2016). (Foto Istimewa/b)


    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA