FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 08-2016

    4781

    Launching e-Warung Gotong Royong KUBE-PKH

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Kementerian Sosial bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian BUMN, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Himpunan Perbankan Negara (Himbara) meluncurkan Elektronik Warung Gotong Royong (e-Warong) di Kecamatan Johar Baru,  Jakarta, Kamis (18/8/2016).

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang hadir dalam acara dan menyampaikan sambutan bahwa ini merupakan sebuah kerja yang sudah lama dirancang oleh pihak telekomunikasi dan perbankan. ”Apabila bicara mengenai teknologi sebenarnya Program e-Warong ini sudah dibicarakan lama antara teman–teman telekomunikasi. Ini sudah menjadi dapur antara telekomunikasi dan perbankan memangujung-ujungnya manajemennya dan float-nya punya siapa?” tutur Rudiantara yang mendapat kesempatan yang keempat menyampaikan sambutan.

    Menkominfo Rudiantara megatakan walaupun teknologinya dikerjakan daritelekomunikasi dan seluler mereka tidak bisa mengambil uang. ”Saya yakinkan bahwa walaupun teman-teman seluler dan telekomunikasi membuat kreatifitas uang tersebut tetap tersimpan di bank dan tidak punya float untuk mengambil uang tersebut,” kata Rudiantara.

    e-Warong merupakan bagian dari KUBE (Kelompok Usaha Bersama) Program Keluarga Harapan (PKH) pada Pilot Project Bantuan Sosial melalui Kartu Keluarga Sejahtera dengan Layanan Sistem Pembayaran Himpunan Bank Negara.  “Lupakan itu semua, tugas kita semua adalah melayani masyarakat dan bagaimana masyarakat kalangan ini bisa terentaskan dari kriteria “T”, dan yang penting masyarakat merasa bahagia,” tutur Menkominfo.

    Menkominfo Rudiantara mengucapkan selamat atas peluncuran  e-Warong ini dan berharap akan membahas lagi  cara yang jauh lebih efisen  dan juga transparan bagi masyarakat. “Masyarakat tidak tidak perlu tahu teknologinya kayak bagaimana dan tidak perlu tahu uangnya dimana, akan tetapi masyarakat tahu dapat alokasi berapa untuk transaksi kebutuhan bahan pokok sehari-hari,” tandas Rudiantara.

    Acara Launching e-Warong diawali sambutan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, kemudian Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Ketua Dewan Komisionaris OJK Muliaman D. Hadad dan sambutan Asisten Kesra Pemprov DKI Jakarta Fatahilah.  Pada akhir acara dilakukan ujicoba proses transaksi kebutuhan pokok yang dilakukan warga disaksikan para menteri. (dps)

    Berita Terkait

    Menkominfo: Gotong Royong, Kunci Hadapi Tantangan Pandemi

    Menkominfo menyatakan kolaborasi menjadi kunci penentu. “ Tidak bisa dengan 1 literasi jangka panjang, ini harus diatasi hari ini. Dengan Selengkapnya

    Menkominfo: Tingkatkan Gotong Royong Hadapi Normal Baru

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pandemi Covid-19 telah memiliki implikasi pada aspek ekonomi dan sosial. Oleh Selengkapnya

    Kesaktian Pancasila karena Nilai Gotong Royong

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menilai kesaktian Pancasila disebabkan adanya nilai gotong royong. "Pancasila sakti karena di Selengkapnya

    Era Digital, Menkominfo Ajak Milenial Gotong Royong Bangun Indonesia

    Generasi milenial memiliki peran penting di era digital seperti sekarang, terutama dalam upaya Pemerintah untuk membangun kualitas sumber da Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA