FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 02-2015

    2474

    Kemkominfo Tegur Operator Telekomunikasi Langgar Registrasi Kartu Perdana

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Kemkominfo Tegur Operator Telekomunikasi Langgar Registrasi Kartu PerdanaJakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) telah melayangkan teguran keras kepada para operator telekomunikasi.

    Teguran keras yang dilayangkan berkaitan dengan ketidakpatuhan para operator dalam pelaksanaan registrasi pelanggan kartu perdana prabayar. “Semua kena, Telkomsel, Indosat, XL, Tri. Semua kena,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemkominfo Ismail Cawidu di Jakarta, Rabu (25/2).

    Melalui siaran pers Kementerian Kominfo, teguran tersebut menindaklanjuti Surat Edaran BRTI Nomor: 161/BRTI/V/2014 tanggal 28 Mei 2014 perihal perintah tindak lanjut penertiban registrasi pelanggan.

    Selain itu, kesepakatan antara Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) dengan Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Indonesia (ATSI) tentang tahapan pelaksanaan penertiban registrasi prabayar di Yogyakarta pada tanggal 16 April 2014.

    Dalam pengamatan di lapangan dan laporan yang diterima, BRTI menemukan ketidakpatuhan penyelenggara telekomunikasi seluler terhadap Permen Kominfo Nomor 23 Tahun 2005 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi Pasal 4 ayat (1), (2), (5) berupa terjadinya aktivasi kartu perdana tanpa registrasi pelanggan secara benar.

    Akibat ketidakpatuhan tersebut, telah terjadi ketidaktertiban di tengah masyarakat yang menimbulkan ekses negatif di antaranya penipuan, penyebaran fitnah, hasutan, adu domba, teror dan manipulasi jasa telekomunikasi lainnya.

    Kemkominfo dan BRTI akan memberikan sanksi lainnya sesuai peraturan perundangan yang berlaku jika operator telekomunikasi tidak menunjukkan itikad baik untuk mematuhi ketentuan registrasi kartu prabayar. “Kita ingin menegakkan law enforcement sesuai Permen No. 23,” tegas Ismail (Az).

    Berita Terkait

    Kominfo Sebarkan Informasi Vaksinasi Secara Masif

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebarkan informasi terkait vaksinasi massal yang sedang dilakukan pemerintah secara masi Selengkapnya

    Tautan Registrasi Program Kartu Prakerja, Awas Hoaks!

    Telah beredar tautan yang diklaim sebagai situs registrasi program kartu prakerja dengan alamat kartu-prakerja.com. Selengkapnya

    Industri Telekomunikasi Butuh Pengendali Frekuensi Radio Andal

    Industri telekomunikasi Indonesia membutuhkan Pengendali Frekuensi Radio (PFR) andal, memiliki skill yang mampu mengikuti perkembangan tekno Selengkapnya

    Dirjen Aptika: Anggaran Meningkat Tajam, Bekerja Harus Cerdas dan Kreatif

    Anggaran Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tahun 2021 meningkat tajam dari Rp394 miliar m Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA