FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 04-2015

    2925

    Kemkominfo: Revitalisasi NIX Dimulai Usai Proses Desain Ulang USO Selesai

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Kemkominfo: Revitalisasi NIX Dimulai Usai Proses Desain Ulang USO SelesaiJakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan belum memulai revitalisasi Nusantara Internet Exchange (NIX).

    Pasalnya, untuk memulai revitalisasi NIX, Kemkominfo akan mendesain ulang kewajiban pelayanan universal (universal service obligation/USO) di bidang telekomunikasi dan informatika (TI).

    Nusantara Internet Exchange adalah sebuah Internet Exchange Point (IEP) yang merupakan program Kemkominfo dan merupakan bagian dari program Kewajiban Pelayanan Umum/Universal Service Obligation (KPU/USO).

    Untuk revitalisasi NIX belum dimulai, saat ini redesain USO belum selesai diproses, kata Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (PPI) Kemkominfo Kalamullah Ramli, Selasa (21/4).

    Proyek yang dimulai sejak 2012 tersebut berwujud sebuah infrastruktur sistem jaringan gateway yang dipasang di 33 provinsi. Setiap NIX akan terdiri dari 15 server di mana masing-masing server akan memiliki bandwidth 15 terabyte.

    Dengan NIX trafik internet yang semula ke Jakarta terlebih dahulu, kini dapat dialihkan langsung ke daerah, sehingga penggunaan bandwidth menjadi lebih efisien.

    Sebelumnya, Kalamullah mengatakan, Kemokominfo masih mengevaluasi program Nusantara Internet Exchange (NIX) yang dibangun di 33 Provinsi.

    Kita masih evaluasi, nantinya akan kita revitalisasi sehingga dapat kita gunakan kembali untuk berbagai tujuan program-program internet yang lebih cepat di daerah, kata Kalamullah.

    Sementara itu, dalam rencana strategis (renstra) Kemkominfo 2015-2019, ada 19 NIX yang belum dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kecepatan layanan internet dan mengurangi biaya trafik internet.

    Selain itu, ada 4 (empat) fokus pembangunan yang memerlukan dukungan USO terkait ketersedian internet tersebut yaitu kedaulatan pangan, kemaritiman, SDM dan wilayah perbatasan. (Az).

    Berita Terkait

    Menkominfo Saksikan PKS Penyediaan Layanan Seluler 4G di Wilayah 3T

    Menteri Johnny menyatakan pembangunan BTS 4G di wilayah 3T menghadapi tantangan geografis, budaya, sampai dengan kondisi keamanan dan ketert Selengkapnya

    Menkominfo: Pemerintah Belum Akan Eksekusi Putusan Arbiterase Singapura

    Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, menegaskan Pemerintah hanya akan melakukan eksekusi jika sudah ada penetapan dari penga Selengkapnya

    Menkominfo: Presidensi G20 Indonesia Harus Berkesan dan Beri Memori Indah

    Menkominfo menyampaikan dalam beberapa pertemuan persiapan Digital Economy Working Group dan Forum Tematik Bakohumas yang lalu, telah mengin Selengkapnya

    Kominfo Bekali Profesional dengan Kemampuan Data Science

    Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Balitbang SDM Kementerian Kominfo, Hedi M. Idris menyatakan pembekalan itu ditujukan untuk Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA