FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 08-2015

    43129

    Pandi Bagikan Sejuta Domain .id Gratis, Ini Cara Mendapatkannya

    Kategori Sorotan Media | sorotan.media

    Aktualita.co – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) memiliki program untuk membagikan satu juta domain berakhiran .id secara gratis. Pembagian tersebut berlangsung dua tahap yaitu 500 domain .id dibagikan pada akhir tahun 2015 dan sisanya dilakukan pada tahun 2016.

    "Memang bukan domain .id, karena itu kan bisa sampai Rp 500 ribuan. Kalau untuk turunannya, seperti web.id atau co.id bisa," ujar Ketua PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) Andi Budimansyah.

    Tidak hanya menggratiskan domain tetapi juga pemilik situs akan mendapatkan dana untuk hosting sebesar Rp 150.000. Salah satu alasan dari Pandi dan pemerintah melakukan hal ini untuk menghemat biaya bandwith.

    "Biaya domain, hosting, dan pendampingan akan disubsidi dengan catatan data center hosting-nya ada di Indonesia. Tujuannya supaya traffic internet tidak akan lari ke luar negeri," terang Andi pada Senin (24/8/2015).

    Kini rencana ini sedang memasuki tahap sosialisasi. Karena itu Pandi sedang melakukan sosialisasi di kota Jakarta, Yogyakarta, Surabaya dan berikutnya Bandung.

    Rencananya ini juga sedang dalam tahap pengajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan baru dibahas sekitar November mendatang.

    Lalu bagaimana cara mendapatkan domain .id gratis ini?

    Progam satu juta domain gratis ini adalah e-commerce, koperasi, UKM, sekolah termasuk pesantren, dan personal. Begini cara mendapatkannya :

    "Misal, PT ABC mau mengonline-kan seluruh UKM di Banten. Maka saya akan ajukan ke pemerintah. Proposal UKM itu nanti akan punya domain sendiri, harus ada koordinatornya," ujar Andi seperti dikutip Detik.

    Nantinya, kelompok atau perorangan itu bisa mengajukan proposal untuk meminta nama domain tersebut kepada komite yang dibentuk oleh Kominfo dan PANDI. Siapa pun asal berkewarganegaraan Indonesia boleh mengajukannya.
    "Kita nggak bersentuhan dengan end usernya, lewat koordinatornya saja. Nanti selama tiga tahun juga akan dievaluasi, supaya mereka terpacu untuk memikirkan bagaimana agar domainnya tetap sustainable," ujarnya.

     

    Sumber: http://www.aktualita.co/pandi-bagikan-sejuta-domain-id-gratis-ini-cara-mendapatkannya/4818/

     

    Berita Terkait

    Pemilihan Serentak 2020, Kominfo Sosialisasi Pemilih Cerdas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah melaksanakan sosialisasi berkaitan dengan Pemilihan Serentak 2020. Selaras dengan agenda Komis Selengkapnya

    Minimalkan Pemalsuan Dokumen, Kominfo Sertifikasi Tanda Tangan Digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meresmikan Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) dan Tanda Tangan Elektronik (TTE) pa Selengkapnya

    Turunkan Stunting Lewat Sosialisasi Generasi Bersih dan Sehat

    Untuk menurunkan angka stunting di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui Direktorat Informasi dan Komunikas Selengkapnya

    Syukuran Lima Tahun Chief Rudiantara Berkarya

    Acara “Syukuran 5 Tahun Bersama Chief RA” menjadi momentum memperingati Rudiantara berkarya selama lima tahun sebagai Menteri Komunikasi Selengkapnya